Pencak Silat Andalkan Tujuh Atlet

 

BANDA ACEH (RA) – Sebanyak tujuh atlet PON Pencak Silat Aceh siap tampil di even Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX pertengahan September 2016 mendatang. Pencak Silat akan mengandalkan tujuh atlet terbaiknya.

Dari total tujuh atlet terbagi atas 3 atlet putra dan 4 atlet putri. Mereka diantaranya Uswatur Ridha kelas E +65kg s/d 70 kg, Misran kelas C +55 kg s/d 60 kg, Herman kelas H +65 kg s/d 70 kg.

Empat atlet putri adalah Runi Veronika kelas F +70 kg s/d 75 kg, Yulia Tirna Suana kelas +50 kg s/d 55 kg, Dewi Hijjah Wulandari Kelas A 45 s/d 50 kg, dan Maulita Wati kelas C +55kg s/d 60 kg.

Ketujuh atlet tersebut sedang mengikuti pemusatan latihan di Lhokseumawe dari April lalu. Para pesilat Aceh juga sudah mengikuti ujicoba ke Thailand akhir Juli lalu sebelum mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) di Jawa Barat.

Ketua pelatda pencak silat PON Aceh, Maimun mengatakan ketum IPSI Aceh, Tgk Muharuddin yang juga Ketua DPR Aceh menargetkan satu emas dari cabor silat yang akan bertarung dengan atlet silat di seluruh Indonesia nantinya.

“Target pengprov mudah-mudahan dapat satu emas, itu harapan ketua pengprov. Sekarang kita terus melakukan persiapan sebelum bertolak ke Bandung,” kata Maimun kepada Rakyat Aceh via seluler, Senin (29/8).

Maimun menambahkan untuk mencapai target tersebut ia bersama tim pelatih tidak mengandalkan satu atlet yang diprediksi mampu meraih medali emas.

“Kita tidak mengandalkan satu atlet, tetapi mereka semua menjadi andalan kami. Yang kita kirim semua atlet andalan Aceh,” tambahnya.

Tim pelatih silat, kata Maimun, sudah melalukan beberapa persiapan mulai dari memelihara kondisi atlet, teknik, taktik dan strategi serta motivasi bagi para atlet.

“Kami juga membawa atlet refreshing ke tempat berenang, ke pantai sehingga dapat menghilangkan rasa jenuh para atlet yang berlatih setiap hari,” ujarnya.

Sebelumnya sebanyak tujuh dari 14 atlet cabang IPSI Aceh berhasil meraih tiket untuk PON 2015 di Jawa Barat. Kontingen pencak silat Aceh juga berhasil merebut tiga medali emas, dua perak, dan dua perunggu pada ajang Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) di Kepulauan Bangka Belitung. (mag-69/rif)