Budi Gunawan  

JAKARTA (RA) – Presiden Joko Widodo resmi mengusulkan penggantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso, ke DPR. Jumat (2/9) pagi tadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno telah menyerahkan surat resmi dari Jokowi untuk DPR terkait penggantian tersebut.

Lantas siapa nama baru yang diajukan Jokowi menggantikan Sutiyoso? Bukan nama yang asing. “Jadi Kepala BIN diusulkan nama baru yaitu Pak Budi Gunawan,” kata Pratikno saat konferensi pers di DPR, Jumat (2/9).

Budi Gunawan, atau yang dikenal dengan inisial BG merupakan jenderal bintang tiga aktif yang masih menjabat sebagai Wakil Kapolri. Ia pernah disodorkan sebagai calon pimpinan tertinggi korps Bhayangkara, namun batal karena menjadi tersangka KPK.

Surat pergantian Kepala BIN tersebut diserahkan langsung oleh Pratikno kepada Ketua DPR Ade Komarudin. “Sekarang tinggal prosesnya di DPR, karena harus mendapatkan pertimbangan dari DPR,” ujar mantan Rektor UGM itu.

Sejauh ini Mabes Polri masih belum mau bersikap. Pihaknya akan memutuskan siapa pengganti Komjen BG setelah selesai proses fit and proper test di DPR hingga pelantikan oleh Presiden.

Mabes Polri tetap menunggu proses penetapan Wakapolri Komjen Budi Gunawan resmi sebagai Kepala Badan Inyelejen Negara. Dan setelah itu akan memastikan langkah selanjutnya untuk mencari penggati Komjen BG.

“Kami tunggu dulu proses semuanya sampai pelantikan,” ujar Boy saat dikonfirmasi wartawan, Jumat.

Dia menambahkan posisi Wakapolri pengganti BG akan ditentukan lewat mekanisme internal. Yaitu, Wanjakti. “Kita tunggu sampai pelantikan,” katanya lagi. (rmol/slm)