Calon Independen Asal Comot KTP Warga

SUKA MAKMUE (RA) – Ada-ada saja siasat tim sukses agar kandidat jagoannya lolos babak pertama. Berharap panitia silap, Kartu Tanda Penduduk (KTP) warga yang sudah meninggal turut menjadi incaran. Itulah yang terjadi di Nagan Raya.

Panitia Pemungutan Suara (PPS) menemukan KTP almarhum dalam saat verifikasi faktual KTP dukungan pasangan calon jalur Independen di Gampong Drien Tujuh, dan Gampong Babah Lueng, Kecamatan Tripa Makmur.

Selain tim pasangan calon Bupati/Wakil Bupati Nagan Raya, KTP almarhum juga dikoleksi tim Gubernur/Wakil Gubenur Aceh periode 2017-2022.

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tripa Makmur, Muhammad Kudra membenarkan PPS temukan KTP almarhum. Menurutnya, pemilik KTP sudah meninggal beberapa tahun lalu.
Berdasarkan laporan PPS ada sekitar tujuh KTP milik warga yang telah tiada ditemukan di lapangan dalam verifikasi tersebut.

“Menurut laporan PPS, ada tujuh KTP almarhum yang sudah ditemukan, tapi yang sudah pasti dan sudah kita kantongi, ada lima lembar KTP milik almarhum di Gampong Drien Tujuh, dan Gampong Babah Lueng, Kecamatan Tripa Makmur,” kata Muhammad Kudra, Kamis (1/9).

Lanjutnya, dari 11 gampong di Kecamatan Tripa Makmur, baru dua gampong ditemukan KTP almarhum tersebut. Pihaknya masih memiliki waktu verifikasi hingga enam hari mendatang.

“Angka ril berapa lembar KTP almarhum, dan KTP siluman lainya belum pasti, nanti kita akan melakukan rekapitulasi terhadap KTP dukungan perseorangan,” kata Muhammad Kudra. (ibr/mai)