ACEH UTARA (RA) – Sebuah rumah berkontruksi kayu milik M. Yusuf (40), warga Desa Matang Seurdang, Kecamatan Tanah Jambo Aye, Kabupaten Aceh Utara ludes diamuk api, Kamis (1/9), sekitar pukul 00.30 WIB. Tak ada korban jiwa dalam musibah itu, kerugian material diperkirakan lebih dari 30 juta.

Keuchik Matang Seurdang Muhammad Amin, kepada Rakyat Aceh, kemarin mengatakan, dugaan sementara sumber api berasal dari kabel televisi yang lupa dicabut korban, lalu api menjalar ke bagian dinding rumah itu.

Api pertama kali dilihat istri M Yusuf, lalu korban langsung keluar sedari berteriak meminta pertolongan warga lain. “Saat kejadian hanya istrinya yang ada di rumah, yang bersangkutan juga baru saja siap melahirkan, korban langsung melarikan diri sambil menggendong anaknya,” sebut M Amin.

Begitu mendengar ada yang meminta tolong, sejumlah warga langsung ke lokasi tersebut, untuk membantu memadamkan api dengan alat seadanya. Tetapi api tidak berhasil dijinakkan warga, sehingga rumah tersebut rata dengan tanah.

Kapolres Aceh Utara AKBP Wawan Setiawan melalui Kapolsek Tanah Jambo Aye AKP Teguh Yano Budi membenarkan kejadian itu. Dari keterangan saksi korban, katanya, sumber api berasal dari televisi.

“Dari keterangan saksi korban, sumber api berasal dari televisi, dan korban sempat mendengar dentuman ledakan televisi,” kata Teguh Yano Buni. Seisi rumah itu hangus terbakar, termasuk satu unit mesin sensow dan satu mesin cuci motor.(zub).