PETA SIMEULUE

SIMEULUE (RA) – Pemerintah Simeulue ingatkan Wakil Gubernur Aceh, Muzakir Manaf ihwal janjinya menyediakan satu kapal Roro melayani pelayaran dari dan menuju pulau itu. Janji tersebut disampaikan saat berorasi di hadapan massa kampanye legislatif, Selasa (18/3) 2014.

Wakil Bupati Simeulue, Hasrul Edyar S.Sos. M.AP pada Rakyat Aceh menyatakan, ia merupakan salah seorang yang masih ingat janji Wagub di lapangan bola kaki Desa Salur Kecamatan, Teupah Barat atau sekitar 20 kilometer dari pusat kota Sinabang, ibukota Kabupaten Simeulue.

“Karena sudah dibuka rute transportasi laut di Meulaboh, dan supaya maksimal harus ada tambahan kapal lagi, dan saya masih ingat, dulu pak Wagub, pernah berjanji akan menyediakan satu kapal Roro untuk Simeulue, maka saat inilah janji itu direalisasikan,” kata Hasrul Edyar, Kamis (2/9).

Ia berharap, dengan dibukannya rute baru pelayaran dari Meulaboh-Simeulue, janji tersebut segera terwujud demi kelancaran transportasi laut. Menurutnya, seluruh masyarakat Simeulue juga masih mengingat dan berharap yang sama.

“Dengan janji yang pernah disampaikan secara terbuka dan diketahui oleh masyarakat Simeulue pada saat itu, maka sudah tepat waktunya untuk direalisasikan pak Wagub, karena bila telah ada kapal Roro itu, transportasi laut Simeulue dan Sumatera, tidak ada kendala lagi,” imbuhnya.

Saat itu, Wagub Aceh tidak dapat memastikan kapan janji itu akan direalisasikan, namun akan diupayakan pada akhir tahun 2014, serta menyatakan rencana membeli kapal baru dan dipesan dari negara Jepang atau Korea.

Hasrul Edyar menjelaskan, saat itu wakil gubernur menyatakan pertimbangannya membeli kapal Roro demi kepentingan masyarakat, ia juga mengakui transportasi dari dan menuju Simeulue selama ini sulit. Saat ini transportasi laut pulau Simeulue dan pulau Sumatera, hanya dilayani KMP Labuhan Haji dan KMP Teluk Sinabang. Kedua kapal melayani Simeulue-Meulaboh, Labuhan Haji dan Singkil. (ahi/mai)