Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

POLITIKA · 4 Sep 2016 10:36 WIB ·

Uji Kesehatan Calon Gubernur Diperketat


 Uji Kesehatan Calon Gubernur Diperketat Perbesar

Bakal calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo (kiri) bersama Jusuf Kalla yang akan menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (22/5). Tes kesehatan ini merupakan syarat untuk mengikuti Pilpres. Ricardo/JPNN.com

 

BANDA ACEH (RA)- Komisi Independen Pemilihan (KIP) memperketat proses uji kesehatan para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur. Selain pemeriksaan kesehatan fisik dan kejiwaan, lembaga yang melaksanakan uji juga bertambah.

KIP Aceh menetapkan pelaksanaan uji kesehatan berlangsung di Rumah Sakit Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh. Dijadwalkan, pemeriksaan berlangsung dari 24 hingga 25 September mendatang.

Lembaga yang bakal menguji Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Aceh, Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh, dan Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi). Ketua IDI Aceh, dr Fachrul Jamal mengakui pemeriksaan kesehatan pasangan calon gubernur semakin diperketat.

“Sebelumnya, pemeriksaan kesehatan kandidat hanya dilakukan oleh IDI. Tapi tahun ini ada BNN dan Himpsi,” kata Fachrul Jamal kemarin.

Menurutnya, adapun hal-hal yang diperiksa mencakup pemeriksaan fisik total dari ujung rambut sampai ujung kaki, pemeriksaan psikologi, dan narkoba. Katanya, seorang pimpinan daerah harus terjamin kesehatan.

“Tidak boleh ada gangguan dari sistem organ tubuhnya, tidak boleh terlibat penggunaan obat-obat terlarang, tidak boleh ada gangguan kejiwaan, dan psikologi,” tutu Fachrul.
Pendaftaran tes kesehatan calon kepala daerah akan dibuka pada 23 September di Kantor KIP dan Rumah Sakit Umum Zaionel Abidin. “Saya pikir yang menjadi titik fokus kita kali ini, dengan waktu yang sempit ini kita bisa menyelesaikan pemeriksaan dengan baik,” ujarnya.(mag-64/mai)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Partai Aceh Optimalkan Pemenangan Pilkada 2024

14 July 2024 - 21:24 WIB

Jokowi Obral HGU IKN hingga 190 Tahun, PKS: Ini Namanya IKN for Sale!

14 July 2024 - 14:39 WIB

Pasangan Perseorangan Sofyanto-Abdullah Memenuhi Syarat

11 July 2024 - 21:33 WIB

Sindir Sikap Jokowi, Megawati: Mau Cari Apalagi Sih?

5 July 2024 - 16:08 WIB

Survei: Haeqal Paling Berpeluang Jadi Calon Wakil Walikota Banda Aceh

1 July 2024 - 17:25 WIB

Dukungan kepada Aminullah Usman dan Afdhal, Rahmat Djailani: Ini Sifatnya Rekomendasi

26 June 2024 - 00:13 WIB

Trending di POLITIKA