Jalan Moun Mata Ambles Lintasan Barat Nyaris Putus

AMBLAS: Badan Jalan Nasional Meulaboh di KM 166 di Desa Moun Mata rusak parah akibat banjir, Krueng Sabee, Aceh Jaya, Rabu,(7/9).
ENDRA SAYENG/RAKYAT ACEH

 

CALANG (RA) – Banjir beberapa waktu lalu dan hujan yang mengguyur Aceh Jaya, mengakibatkan jalan nasional Banda Aceh-Meulaboh, tepatnya di Km 166, kawasan Desa Moun Mata, Kecamatan Krueng Sabee, ambles.

Akibatnya, pihak kepolisian Polres Aceh Jaya melakukan jalur buka tutup, untuk menghindari jatuhnya korban, sejak Rabu (7/9).

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Riza Yulianto pada Rakyat Aceh di lokasi tersebut menjelaskan, meski ambles, jalan tersebut masih dapat dilalui kendaraan roda empat. “Namun untuk kendaraan roda enam masih harus mengantre, karena badan jalan menyempit,” katanya.

Menurut Kapolres, kejadian seperti ini bukan baru sekali terjadi, namun sudah menjadi peristiwa tahunan setiap musim penghujan datang. Karena itu, Kapolres meminta pengguna jalan, terutama pada saat mudik, lebih berhati-hati.

Kepala Dinas PU Aceh Jaya, Nurman yang dihubungi Rakyat Aceh mengatakan, pihaknya berharap akan ada proses pengerjaan jalan ini, sehingga bisa permanen. “Namun kewenangan ini ada di Satker Balai Jalan Nasional. Kita berharap segera diselesaikan,” kata Nurman.

Satker Wilayah 2 Balai Jalan Nasional Aceh, Emi Evendi yang dikonfirmasi Rakyat Aceh menegaskan, mulai besok, pihaknya akan melakukan penanganan jalan di Desa Moun Mata, agar dapat dilalui dengan nyaman saat mudik lebaran.

“Kita sudah usulkan untuk dibangun boxcover, sehingga dapat mengantisipasi air yang tergenang ketika hujan datang,” katanya. “Kita berharap masyarakat bersabar, karena penanganannya membutuhkan proses.” (mag-67/ara/mai)