Jelang Idul Adha 1437 H Harga Kambing Naik Melontak Tajam

KENAIKAN HARGA: Menjelang Lebaran Idul Adha 1437 H, harga jual kambing qurban di pengusaha penyedia hewan qurban mengalami kenaikan harga Rp. 500 ribu per ekor dibanding tahun sebelumnya. Kenaikan harga ini sudah terjadi pasca lebaran Idul Fitri 1437 H, Aceh Timur, Kamis (8/9).
BACHTIAR HUSEIN/RAKYAT ACEH

 

LANGSA (RA) – Menjelang Lebaran Idul Adha 1437 H, harga jual kambing kurban di pengusaha penyedia hewan qurban mengalami kenaikan hingga Rp500 ribu per ekor dibanding tahun sebelumnya.

Marwan Puteh (36) salah seorang pengusaha penyedia hewan kurban di Kota Langsa kepada Rakyat Aceh Kamis (8/9) mengatakan, kenaikan harga kambing kurban ini dikarenakan pasokan kambing sedikit berkurang dari biasanya.

“Tahun lalu kambing kurban kita jual Rp1 juta per ekor, sekarang naik Rp500 ribu maka kita jual Rp1.5 juga per ekor untuk ukuran standard Rp4 juta per ekor untuk ukuran besar. Naiknya harga kambing ini karena, pasokan kambing sudah berkurang saat ini, maka kita terpaksa beli dengan harga mahal,” sebut Marwan.

Dijelaskannya, walaupun harga kambing qurban naik Rp500 ribu per ekor, namun animo masyarakat untuk membeli kambing kurban menjelang Idul Adha tahun ini tetap tinggi. Bahkan hingga saat ini dirinya sudah menjual lebih kurang 70 ekor kambing qurban kepada masyarakat Langsa dan luar Langsa.

Tambahnya, kambing qurban yang tersedia di kandang penampungan miliknya itu merupakan kambing local produksi masyarakat setempat. Bukan kambing inport dari daerah luar sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

“Adapun kambing qurban yang saya sediakan di penampungan ini harganya berfariasi, mulai dari Rp1.5 juta sampai dengan Rp4.5 juta . kambing kurban yang kita sediakan juga sudah memenuhi syarat qurban dan sudah di vaksin oleh dokter hewan,” demikian Marwan. (dai/min)