Zaini Kuasai Selatan

Zaini Abdullah

 

Banda Aceh (RA) – Pasangan Calon (Paslon) Gubernur Aceh Zaini Abdullah-Nasruddin, masih menguasai perolehan syarat dukungan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Aceh Selatan. Paslon Petahana ini kantongi 12.566 dari 21.212 lembar dukungan KTP dari hasil verifikasi awal.

Mantan Menteri Luar Negeri GAM (era konflik) itu, dikawal ketat koleganya sesama menteri saat Aceh berkecamuk. Zakaria Saman, mantan Menteri Pertahanan yang berpasangan dengan Alaidinsyah itu, memperoleh syarat dukungan 2.124 dari 7.301 lembar KTP.

Di urutan tiga, Abdullah Puteh-Sayed Mustafa memiliki 1.971 dari 4.143 dukungan sebelum verifikasi.

Selain perolehan sementara, Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Selatan mencatat sebanyak 16.000 KTP tidak memenuhi syarat dukungan Bakal Calon (Balon) pasangan Gubernur Aceh pada Pilkada mendatang. Komisioner KIP, Saiful Bismi menyatakan hasil verifikasi awal, 926 lembar juga gugur syarat dukungan.

Dukungan KTP untuk tiga Paslon gubernur/wakil gubernur Aceh yang maju melalui jalur perseorangan itu, diterima dari KIP Aceh, Ahad (21/8). Jumlahnya mencapai 33.587 lembar untuk dilaksanakan verifikasi faktual. Tahapan ini sudah dilaksanakan secara sempurna, kata Komisioner KIP, Saiful Bismi pada Rakyat Aceh, Rabu (14/9).

“Verifikasi awal KIP, sebanyak 926 lembar gugur dukungan. Sisanya sebanyak 32.661 di verifikasi faktual ke sejumlah Pantia Pemungutan Suara (PPS), sejak 24 Agustus sampai 06 September 2016. Pleno Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) berlangsung dari tanggal 7 sampai 9 September 2016. Hasilnya, 16.000 KTP tidak memenuhi syarat dukungan,” paparnya.

Temuan di lapangan beraneka ragam, sambung Saiful Bismi, sebagian dukungan dipalsukan atau tanpa sepengetahuan pemilik KTP. Selebihnya, ganda dukungan, KTP milik PNS dan penyelenggara Pemilu dan KTP orang yang sudah meninggal dunia atau pindah. KTP yang memenuhi syarat seluruhnya berjumlah 16.661 lembar.

“Hasil verifakasi faktual ini disertai surat pernyataan pemilik KTP yang dihimpun petugas PPS di gampong yang memiliki dukungan untuk tiga Paslon gubernur yang maju lewat jalur indepneden. Artinya, sebanyak 16.000 dukungan KTP dicoret sebagai dukungan,” terangnya.
*Paslon Bupati Belum Cukup KTP

Sementara di Takengon, hasil verifikasi faktual KIP Aceh Tengah untuk dokumen dukungan (KTP) bagi Pasangan Calon (Paslon) Bupati/Wakil Bupati di Pemilukada 2017 dari jalur independen, sejauh ini masih belum memenuhi syarat.

Dua Paslon dari jalur perseorangan yang sudah menyerahkan dokumen dukungan ke KIP Aceh Tengah, Usman Nuzuli-Armas maupun Syaiful Effendi-Mansyur Hidayanto masih dapat melakukan perbaikan. Syarat dukungan yang harus dicapai minimal 6.185 lembar KTP. KIP menetapkan masa perbaikan pada 29 September-3 Oktober 2016.

Ketua KIP Aceh Tengah, Marwansyah mengatakan, untuk jalur perseorangan setelah dilakukan verifikasi faktual, pihaknya telah menetapkan hasil rekapitulasi 11 September 2016.
“Hasil rekapitulasi untuk Paslon bupati/wabup Aceh Tengah, Usman -Armas yang baru memenuhi syarat 5.384. Sedangkan, Paslon Syaiful-Mansyur 3.187 yang memenuhi syarat,” jelas Marwan.

Dikatakan, salah satu penyebab dibatalkannya dokumen KTP dukungan yang telah diserahkan Paslon independen ke KIP yakni ditemukan adanya KTP ganda, berstatus PNS, TNI/Polri dan lainnya. “Ada sejumlah proses yang kami lakukan setelah dokumen syarat dukungan diserahkan Paslon ke KIP. Diantaranya; melakukan penelitian administrasi dan selanjutnya mengeluarkan hasil verifikasi faktual,” sebutnya.

Sebelumnya, Paslon Usman Nuzuli-Armas telah menyerahkan sebanyak 6.674 lembar foto copi KTP bukti dukungan ke KIP Aceh Tengah. Sedangkan Paslon Syaiful Effendi-Mansyur Hidayanto mencapai 6.636 lembar KTP. (dir/jur/mai)