SERAHKAN DUKUNGAN: Ketua DPD PDI Perjuangan Aceh H. Karimun Usman (tengah) didampingi pengurus lainnya memperlihatkan surat usungan dan dukungan terhadap 16 balon Bupati/walikota di Gedung DPD PDIP Aceh, Leung Bata, Banda Aceh (16/9).
ISHAK MUTIARA/RAKYAT ACEH

 

BANDA ACEH (RA) – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Aceh, memberikan rekomendasi untuk calon gubernur, bupati dan walikota untuk maju pada Pilkada 15 Februari 2017. Surat rekomendasi itu akan diserahkan kepada masing-masing kandidat dan didampingi ketua cabang.

Rekomendasi itu ditetapkan pada tanggal 5 September ditandatangani langsung Ketua DPP PDIP Megawati Soekarno Putri dan Sekjen Hasto Kristiyanto dan Bambang DH.

Ditemui Rakyat Aceh di kantornya kemarin, Karimun menjelaskan untuk kandidat Gubernur Aceh, sampai saat ini belum diputuskan kepada siapa rekom akan diberikan. Pihaknya memprediksi dalam pekan ini akan turun, mengingat tahapan batas waktu pendaftaran dibuka tanggal 21 -23 September.

“Kita sangat selektif dalam memutuskan terkait siapa yang akan diberikan Ibu Megawati,” ujar Karimun didampingi Sekjen Rifky Tajuddin, Azfili Ishak SH beserta pengurus partai, Jumat (16/9).

Ia menegaskan, bagi calon yang didukung jika tidak hadir, “maka rekomnya akan dikembalikan ke DPP, jangan ada calon menganggap enteng, sehingga kami menilai mereka tidak serius,” tegasnya.

Semua calon yang didukung PDIP ini, sebelumnya sudah mengikuti program sekolah partai di Jakarta terkait kepemimpinan sebagai kepala daerah yang akan datang.

Bagi kandidat yang sudah didukung, “mereka (bapaslon) harus memberikan dana kepada partai sebagai honor saksi nantinya di TPS. Dan, jangan sampai suara pemilih hilang begitu saja,” sebutnya.

PDIP punya kursi di sembilan kabupaten/kota dan berhak mengusung calonnya bersama partai lain. Diantaranya, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Nagan Raya, Simeulue, Aceh Singkil, Aceh Tenggara, sedangkan lainnya hanya sebagai pendukung. “Kita berharap yang kita usung bisa menang, begitu juga yang didukung, karena ada beberapa incumbent,” sebut Karimun. (imj/mai)

 

16 Kandidat Andalan PDIP

Banda Aceh : Illiza Sa’aduddin Djamal/Farid Nyak Umar

Aceh Besar  : Mawardi/Husaini

Sabang  : Zulkifli/Zuanda

Aceh Jaya : Safriantoni/Irvan TB

Nagan Raya :  Nurkhalis/Suyanto

Abdya : Fakhruddin/Sulaiman Adami

Bireuen : Ruslan/Jamaluddin

Bener  : Meriah Ridwan/Darwin

Aceh Tengah : Shabela/Firdaus

Simeulue : Aryauddin/Rafian

Gayo Lues : Salmiah/Marwan

Aceh Tenggara : Ali Basrah/Dedi Febrian

Aceh Barat HT Alaidinsyah/Kamaruddin

Aceh Singkil : Dul Mursid/Sazali

Langsa : Fadlun Hasan/Syahyuzar

Aceh Tamiang : Mursil/Insyafuddin

*Sumber: DPD PDIP