Calon Kepala Daerah Wajib Lapor Harta Kekayaan

 

BANDA ACEH (RA) – Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi mengatakan masa pendaftaran calon kepala daerah akan berlangsung pada 21-23 September 2016. Dalam masa itu, para bakal calon kepala daerah baik gubenur dan wakil gubenur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota dihimbau agar memenuhi semua persyaratan termasuk melampirkan bukti Laporan Harta Kekayaan Penyelengara Negara (LHKPN) yang dikeluarkan KPK.

“Itu syarat seperti ijazah yang harus dipenuhi bakal calon masing-masing, posisinya sama dengan syarat-syarat yang lain yang harus dipenuhi, apabila LHKPN tidak dilampirkan maka kami akan umumkan bahwa pendaftaran yang bersangkutan belum memenuhi syarat, masih tidak lengkap,” kata Ridwan Hadi.

Masih Ridwan, ia mengatakan apabila beberapa syarat belum dipenuhi termasuk bukti tanda terima LKHPN yang dikeluarkan KPK, maka para pasangan balon kepala daerah masih diberikan waktu pada 1-3 oktober. KIP Aceh berharap berkas pendaftaran dapat diselesaikan sesegera mungkin di KIP kabupaten/kota masing-masing.

“Jika tanda terima LKHPN belum memenuhi syarat, para balon boleh memperbaikinya hingga tanggal 3 oktber pukul 24.00 WIB. Tetapi jika batas yang sudah ditentukan bakal calon belum juga memenuhi syarat tersebut maka yang bersangkutan akan kami umumkan tidak memenuhi syarat menjadi calon kepala daerah,” kata Ridwan Hadi.

Selain itu, Ridwan Hadi menyampaikan harta para balon kepala daerah yang dilaporkan ke KPK tersebut akan diumumkan kepada publik. “Kalau yang bersangkutan enggan mengumumkan bisa memberikan kuasa kepada KIP Aceh untuk diumumkan kepada publik,” pungkasnya.(mag-69/mai)