Istri Muda Anggota Dewan Dalang Pengranatan

BERI KETERANGAN: KABID Humas Polda Aceh, AKBP Goenawan (tengah) didampingi KASUBBID PEMNAS Polda, AKBP. Bakhtiar (kanan) juga KASUBDID PID, KOMPOL Sulaiman memberikan penjelasan mengenai pembunuhan berencana peledakan mobil di Bener Meriah, Aceh Tengah beberapa hari lalu, Banda Aceh, Senin (19/9).
ZULKARNAINI/RAKYAT ACEH

 
REDELONG (RA) – Selang sehari, Polres Bener Meriah berhasil mengungkap pelaku pengemboman mobil anggota DPRK Bener Meriah Mansur Ismail, Sabtu (17/9). Peristiwa itu menewaskan dua orang anaknya, Amar Asadiki (8) dan Aulia Thahar (21). Dalang pengeboman itu SZ (32), istri siri Mansur.

Polisi sudah menahan SZ di Polres setempat sejak Ahad malam, (18/9). “Benar kita sudah menahan pelaku berinisial SZ Sebagai aktor intelektual, sementara yang menjadi eksekutor penggeranatan jenis manggis itu adalah adik kandung SZ, berinisial AF (26) yang saat ini dalam pengejaran polisi, yang diduga pelaku AF melarikan diri ke wilayah Aceh Timur,” jelas Kapolres Bener Meriah, AKBP Deden Somantri S.I.K,M.Si.

AKBP Deden menjelaskan, motif dari pengeboman tersebut, dilatar belakangi kejadian pada saat malam Idhul Adha, Aulia mendatangi rumah tersangka SZ ibu tirinya bersama Mansur. Pelaku sempat mencekik Mansur setelah terlibat cekcok, lantas Aulia menampar SZ.

SZ marah dan menyimpan dendam. Sakit hatinya, dilampiaskan dengan memanfaatkan AF, hingga terjadilah penggranatan. Menurut AKBP Deden, konflik sudah ada sebelum kejadian ini, hubungan keluarga mereka selama ini kurang harmonis.

“Sebelum kejadian, tersangka SZ sempat menelpon Mansur menanyakan kakak (istri pertama Mansur) ada dimana, Mansur menjawab di Bireun, sehingga pelaku AF membuntuti dan melakukan pelemparan granat jenis manggis ke dalam mobil lewat kaca sebelah kanan depan di tempat yang sepi,” jelasnya, Senin (19/9).

Menurutnya, eksekutor AF melempar granat saat mobil sedang berjalan, dengan menggunakan kenderaan roda dua. AF diketahui bertempat tinggal di Aceh Timur. Pihak kepolisian akan segera menuntaskan perkara penggeranatan mobil ini. (mag-70/ibi/min)