Hari Santri Nasional di Subulussalam

Walikota Janji Umrahkan Guru Berprestasi

SUBULUSSALAM (RA) – Peringatan Hari Santri Nasional tingkat Kota Subulussalam dipusatkan di Lapangan Beringin, Minggu (22/10). Ribuan santri mengenakan pakaian putih dari bebagai pondok pesantren memadati lapangan berukuran 80 x 80 Jalan Teuku Umar, Simpang Kiri.

Acara digelar Forum Komunikasi Pimpinan Dayah (FKPD) itu terlihat dihadiri dari unsur Muspida Kota Subulussalam. Panitia pelaksana Ustaz. Mansur dalam laporannya mengatakan, bahwa peringatan hari santri nasional ini merupakan agenda tingkat Kota Subulussalam. Selain itu, Mansur juga berharap kepada pemerintah untuk memperhatikan dayah seperti pembangunan dayah serta guru.

Sementara, Ketua MPU Kota Subulussalam, H. Qaharuddin, S. Ag juga menyampaikan agar pemerintah mengalokasikan anggaran di APBK disetiap tahunnya untuk pelaksanaan peringatan hari santri nasional. Menurut Qaharuddin, selain mendidik dengan basis pendidikan agama islam, dayah juga sudah menjadi sebuah wadah yang berperan penting terhadap kebijakan dan sosial.

“Jadi kami meminta Bapak Wali Kota agar kiranya mengalokasikan anggaran setiap tahunnya di APBK untuk pelaksanaan hari santri nasional “ pinta Qaharuddin yang juga merupakan pimpinan pondok pesantren di sana.

Menanggapi permintaan kedua ustaz tersebut, Wali Kota, H. Merah Sakti yang turut menghadiri acara tersebut dengan spontan berjanji akan mengalokasikan anggaran setiap tahunnya untuk pelaksanaan hari santri nasinal tingkat Kota Subulussalam.
Tak hanya itu, Merah Sakti juga melontarkan janji kepada setiap guru dayah yang berprestasi mendidik santri akan diberangkatkan umroh “ini janji saya khusus kepada guru dayah yang berprestasi akan diberangkatkan umroh “ kata Merah Sakti langsung disambut tepuk tangan meriah dari santri (lim/min)