Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

NASIONAL · 24 Oct 2016 10:20 WIB ·

Polri Mulai Sentuh Ahok di Kasus Almaidah 51


 Polri Mulai Sentuh Ahok di Kasus Almaidah 51 Perbesar

 

FOTO JPNN

Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok 

 

JAKARTA (RA) – Indonesia Police Watch (IPW) mengapresiasi Polri yang sudah meminta keterangan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok terkait dugaan penistaan agama. Sebab, pemeriksaan itu menunjukkan bahwa Polri di bawah kepemimpinan Jenderal Tito Karnavian berusaha bersikap netral.

Menurut Ketua Presidium IPW Neta S Pane, langkah Bareskrim Polri meminta keterangan Ahok juga menunjukan Korps Bhayangkara itu tidak terpengaruh pada sugesti kekuasaan partai politik pengusung calon petahana di pilkada DKI tersebut.

“Publik patut angkat topi pada Polri meskipun sebelumnya ada Peraturan Kapolri yang menghalangi,” kata Neta, Senin (24/10).

Dia menjelaskan, Kapolri sebelumnya sudah mengeluarkan Perkap agar penanganan kasus menyangkut calon kepala daerah ditunda hingga pilkada selesai. Namun, dalam kasus Ahok justru Polri menyadari situasi faktual di masyarakat. “Sehingga tidak menunda pemeriksaan Ahok,” tegasnya.

Lebih lanjut Neta menjelaskan, ada dua hal yang patut dicermati dari kasus Ahok. Pertama, ujar dia, Polri sudah menunjukkan diri bersikap profesional dan independen. “Sehingga, setiap ada pengaduan masyarakat diproses sesuai ketentuan hukum,” lanjut Neta.

Kedua, ia menambahkan, kasus ini harus menjadi pembelajaran bagi calon kepala daerah yang ikut pilkada agar bisa menjaga sikap. “Jangan bermain main di wilayah SARA karena bisa tergelincir dalam tuduhan penistaan agama,” tuntas Neta.(jpnn)

 

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Mendagri Beri Arahan Khusus Pj Bupati/Walikota yang Baru di Ruang Kerjanya

15 July 2024 - 21:47 WIB

PBNU Akan Panggil 5 tokoh muda NU Usai Pertemuannya dengan Presiden Israel

15 July 2024 - 15:13 WIB

Jokowi Obral HGU IKN hingga 190 Tahun, PKS: Ini Namanya IKN for Sale!

14 July 2024 - 14:39 WIB

Haji Uma Turut Bantu Pemulangan Remaja Aceh Utara yang Mengalami Kecelakaan Lalu Lintas di Tangerang

13 July 2024 - 09:57 WIB

Basarnas kerahkan kekuatan penuh cari 17 penambang emas di Gorontalo

8 July 2024 - 14:54 WIB

Jenazah Warga Bireuen Dipulangkan Dari Malaysia, Haji Uma, PPAM dan BP2MI ikut Bantu Fasilitasi

7 July 2024 - 23:17 WIB

Trending di NASIONAL