Ummi Niazah serahkan Bantuan Posyandu Terintegrasi di Aceh Tamiang

Ketua Tim Penggerak PKK Aceh, Hj. Niazah A. Hamid, didampingi Ketua
Tim Penggerak PKK Aceh Tamiang, beserta rombongan bersilahturrahmi
dengan masyarakat kampung Suka Rahmat, Ranto, Aceh Tamiang, (22/10). Foto
Humas Aceh

 

KUALA SIMPANG (RA) – Ketua TP PKK Aceh, Hj. Niazah A. Hamid menyerahkan sejumlah bantuan peralatan untuk operasional Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) Terintegrasi di Kecamatan Rantau, Kabupaten Aceh Tamiang, Sabtu (22/10).

Penyerahan bantuan operasional tersebut diserahkan langsung oleh Ummi Niazah didampingi oleh Ketua TP PKK Aceh Tamiang, Hj. Iris Atika kepada bidan dan tenaga medis Posyandu Kampung Jamur Jelatang di halaman Kantor Camat Rantau, Aceh Tamiang.

Selain peralatan posyandu, Ketua PKK Aceh turut memberikan bantuan berupa sandang pangan kepada warga kurang mampu dari Kecamatan Rantau serta mengunjungi sejumlah desa dalam rangka kegiatan evaluasi dan monitoring program-program binaan PKK Aceh di kecamatan tersebut.

Antara desa yang dikunjungi dalam program tersebut adalah Desa Jamur Jelatang dimana Ummi Niazah memantau langsung pelaksanaan program binaan PKK dalam bidang kesehatan melalui program Posyandu Terintegrasi. Sementara di Desa Suka Rahmat, Ummi Niazah menghadiri undangan silaturrahmi dan dialog dengan tokoh masyarakat dari Kecamatan Rantau, Aceh Tamiang.

Dalam sambutannya Ummi Niazah mengatakan bahwa pembinaan di bidang kesehatan merupakan fokus dari program PKK Aceh sesuai dengan 10 program pokok PKK. “Kunjungan kami kali ini adalah untuk melihat sejauh mana program yang telah dilaksanakan oleh PKK memberikan dampak langsung kepada masyarakat, terutama dalam kesehatan ibu dan anak,” kata Ummi Niazah.

Menurutnya dalam menjalankan programnya, PKK Aceh turut berkerjasama dengan dinas dan instansi terkait, seperti Badan Pemberdayaan Masyarakat Aceh dalam penyusunan program penguatan kesejahteraan masyarakat yang menyentuh seluruh keluarga di Aceh.

“Kegiatan ini adalah momentum untuk memperkuat implementasi TP PKK Aceh agar mampu berkiprah lebih nyata dalam mendorong penguatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Selain program di bidang kesehatan, PKK Aceh menurut Ummi Niazah juga telah melaksanakan serangkaian kegiatan yang sama di berbagai wilayah di Aceh, termasuk program bedah rumah, pelayanan kesehatan lansia, posyandu terintegrasi dan pemberian bantuan lainnya dalam rangka meningkatkan permberdayaan keluarga dan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Ummi Niazah berharap kepada masyarakat di setiap kampung di Aceh agar dapat memberi perhatian dan kerjasama aktif dengan Tim Penggerak PKK dan kadernya dalam mengimplementasikan program-program PKK di daerah masing-masing.

“Karena majunya satu negara sangat ditentukan oleh kualitas masyarakatnya. Keluarga sebagai unit terkecil dari masyarakat mempunyai peran penting dalam pembentukan karakter manusia yang dimulai dari keluarga,” pungkasnya. (ril)