46 Jenis NPS Mengandung Narkoba

46-zat-aditif

Banda Aceh (RA) Saat ini ada 46 jenis peredaran New Psychoactive Subtances (NPS) yang mengandung narkoba. Zat itu hingga kini belum masuk lampiran UU No 35 Tahun 2009 tentang narkotika. Kecuali 18 jenis lain sudah masuk dalam daftar BNN dan Peraturan Menteri Kesehatan No 13 Tahun 2014 (jenis terlampir)
Demikian disampaikan Kepala Badan Nàrkotika Nasional Provinsi (BNNP) Aceh, Kombes Armensyah Thay melalui Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan, Mulyati didampingi Kasi Pencegahan Masduki dalam monitoring dan evaluasi kepada aparat gampong dan unsur, mahasiswa, kampus di Banda Aceh, Rabu (26/10).
Semua jenis ini, kata Mulyani telah diuji pada Balai Laboratorium Uji Narkoba BNN dan kini beredar luas di tanah air. Dan kita himbau agar masyarakat terus menginformasilkan kepada aparat hukum jika mencurigai atau mengetahui adanya peredaran narkoba di sekitarnya
Menurutnya kegiatan ini untuk mengetahui sejauh mana tindak lanjut gampong, kampus, sekolah berwawasan anti narkoba yang kemudian diharapkan nantinya sudah membuat kebijakan P4GN internal sehingga penyalahgunaan narkoba dapat dicegah.

‘Kita harapkan ada kepedulian semua pihak dalam mencegah dan melaporkan kepada aparat hukum jika menemukan jenis obat terlarang tersebut,’ pinta Kepala BNNP Aceh Armensyah Thay. (imj)