Dede Yusuf Kunjungi RSU Cut Mutia

TINJAU RSU : Komisi IX DPR RI mengunjungi RSU Cut Mutia, Rabu (2/11) untuk melihat kondisi fasilitas kesehatan dan ketersediaan obat-obatan. Bahkan menyempatkan wawancara dengan pasien. (RAKYAT ACEH / AGUSTIAR)

ACEH UTARA (RA) – Komisi IX DPR RI yang diketua mantan Wakil Gubernur Jawa Barat Dede Yusuf kunjungi RSU Cut Mutia, Lhokseumawe, Selasa (2/10).

Rombongan Komisi IX DPR RI terdiri dari 14 anggota lakukan kunjungan ke sejumlah daerah di Provinsi Aceh. Seperti Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Aceh Utara kemarin.

Selain mengunjungi RSU Cut Mutia, mereka juga menyambangi BLKI serta pertapakan bangunan rumah sakit di Lhoksukon, Aceh Utara.

Kunjungan ini untuk melihat sejauh mana fasilitas pendukung serta pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah Aceh Utara. Dari hasil kunjungan langsung ini, ketua tim rombongan komisi IX Dede Yusuf mengaku fasilitas bangunan sudah memadai. Hanya saja peralatan dan saran pendukung lainnya yang masih sangat minim.

Setelah itu, rombongan bergerak menuju lokasi Balai Latihan Kerja Industri (BLKI) Aceh Utara. Kunjungan ini juga untuk melihat langsung kondisi BLKI yang berstandar nasional. Seiring dengan permintaan atau usulan pemerintah daerah untuk bantuan peralatan pelatihan di lokasi tersebut.

Menurut paparan Pemkab Aceh Utara, dana yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah sakit tersebut mencapai Rp50 miliar lebih. Sedangkan dana yang telah diterima awal sekitar Rp7,2 miliar, yakni beberapa tahun lalu.

Dede Yusuf mengakui kalau pembangunan sebuah rumah sakit membutuhkan dana yang cukup besar. Namun kondisi ini tentunya tidak bisa dijadikan alasan atau keluhan untuk menunda pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Tentunya harus dicari solusi dengan meningkatkan pelayanan dan perbaikan di semua fasilitas kesehatan yang sudah ada. (agt/msi)