Tiga Nelayan Hilang Ditemukan

OPERASI PENCARIAN: Kapal Angkatan Laut Sinabang dikerahkan dalam operasi pencarian nelayan hilang, Ahad (6/11). AHMADI/RAKYAT ACEH

SIMEULUE (RA) – Tiga orang dari lima nelayan yang hilang di Seumeulu telah ditemukan. Para korban perahu bagan yang dihantam badai beberapa hari lalu itu, dievakuasi dari pulau Babi, Kecamatan Teupah Selatan, Ahad (6/11).

Korban yang ditemukan Syaid Suhaidi (36), Rijal Setiawan (36) serta Budiono (26). Sementara itu, dua nelayan yang masih hilang Andi Manalu (25) dan Erianto (31). Hingga kemarin sore, keduanya masih dalam daftar operasi pencarian.

Ketiga nelayan tersebut, langsung dievakuasi tim pencari gabungan dengan menggunakan Kapal Angkatan Laut (KAL) Sinabang, hal itu dijelaskan Danlanal Simeulue, Letkol Laut (T) Agus Purwanto SH kepada Rakyat Aceh.”Benar sudah ditemukan tiga nelayan dalam keadaan selamat, terdampar di pulau Babi dan saat ini sedang dievakuasi dengan kapal KAL kita ke Sinabang,” katanya.

Hal senada juga dijelaskan Ardiansyah Dantim SAR di dampingi Ikhsan Mikaris Kepala BPBD Simeulue, ketiga nelayan tersebut ditemukan dengan selamat dan langsung dilarikan ke RSUD Simeulue.

“Ketiga nelayan itu, langsung kita larikan ke RSUD Simeulue, kemudian nantinya akan diserahkan kepada pihak keluarga korban,” kata Ardiansyah Dantim SAR Simeulue.
Upaya pencarian dua nelayan hilang masih berlanjut. “Karena dua orang lagi belum ditemukan, maka operasi pencarian masih tetap dilaksanakan dengan mengerahkan sumber daya yang ada,” tegas Ikhsan Mikaris, Kepala BPBD Simeulue.

Pencarian kelima nelayan itu, selain melibatkan sejumlah perahu nelayan, kapal boat, rubber boat juga secara resmi Kapal Angkatan Laut (KAL) Sinabang juga ikut dalam operasi.

Diberitakan sebelumnya, Perahu Bagan Ikan KM Tiga Putri itu diterjang badai dan gelombang, sehingga menyebabkan terjadi kebocoran serius, kemudian tenggelam sekitar pukul 02:00 WIB, Jumat (4/11). Peristiwa terjadi di perairan laut pulau Simanaha, Kecamatan Simeulue Timur. (ahi/mai)