DEKAT: Abdullah Sholeh bermain dengan harimau kesayangannya. Ia memelihara binatang buas itu sejak 10 tahun lalu. Foto: Falahi Mubarok / Jawa Pos

MALANG (RA) – Kisah pertemanan antara manusia dan harimau seperti dalam buku dan film Life of Pi bisa dijumpai di Desa Dilem, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang. Selama sepuluh tahun, Abdullah Sholeh, santri di Pondok Pesantren Al Kaffah, telah bersahabat karib dengan Mulan Jamilah, seekor harimau Benggala (panthera tigris bengalensis).
Sholeh, mengaku memelihara Mulan sejak harimau betina itu berusia tiga bulan. “Saat itu diberi teman, kemudian kami pelihara di sini. Sekarang usianya sekitar 10 tahun,” ujarnya setelah memberikan makan Mulan, kemarin.
Sehari-hari, lanjut dia, harimau seberat 182 kilogram tersebut makan sebanyak dua kali. Menunya adalah daging ayam segar sebanyak 5 kilogram.
Setiap akan memberikan makan Mulan, Sholeh melakukan persiapan khusus. Yakni, mengenakan pakaian tebal serta melilitkan sarung di lehernya. “Ini untuk antisipasi agar tidak terluka,” ungkapnya.
Sebab, perilaku Mulan seperti kucing yang suka diajak bermain. Bahkan, Sholeh tak segan-segan memeluk dan mencium Mulan. Sesekali, Mulan bergelayut manja di lengan dan punggungnya. “Dulu waktu masih kecil sering bermain di dalam rumah,” ujar pria 35 tahun tersebut. (jpg/mai)

SHARE
Previous articleBanjir Telan Korban
Next articleElpiji Siap Naik Harga