Bireuen Apel Kebhinekaan Cinta Damai

BIREUEN (RA) – Apel besar kebhinekaan cinta damai dan ikrar deklarasi damai digelar serentak di seluruh Indonesia, juga digelar di Pendopo Bupati Bireuen, Selasa (15/11). Bertindak sebagai inspektur upacara Sekda Bireuen Ir Zulkifli SP.

 

Apel besar tema “melalui hikmah hari pahlawan ke 71 tahun 2016, kita tingkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat guna mewujudkan persatuan dan kesatuan NKRI,” itu diikuti pejabat terkait, TNI/Polri/pegawai dari berbagai unsur terkait.

 

Ir Zulkifli SP mengatakan masyarakat Indonesia masyarakat majemuk terdiri dari berbagai agama, suku, ras serta dibatasi berbagai pulau-pulau. Keragaman tersebut, apabila tidak terpelihara baik akan menimbulkan konflik sosial, baik antar umat beragama maupun antar suku dan ras.

 

“Oleh karena itu, kerukunan hidup berbangsa, bernegara dan beragama sangat diperlukan guna terciptanya kerukunan di lingkungan masyarakat,” ungkap Sekda.
Sementara Kapolres Bireuen AKBP Heru Novianto SIK ditanyai Rakyat Aceh mengatakan, apel besar kebhinekaan cintai damai digelar pemerintah serentak di seluruh Indonesia. Selain pejabat forkopimpda, TNI, Polisi, pegawai dan pejabat Pemkab Bireuen, apel itu juga diikuti oleh tokoh agama, tokoh pemuda dan masyarakat dan organisasi masyarakat.

“Kegiatan itu sebagai upaya mengingatkan Bhineka Tunggal Ika sebagai kunci kedamaian. Kapolres berharap situasi keamanan di Bireuen tetap kondusif seperti sekarang ini,” sebutnya. (rah/min)