Kapolres: Ciptakan Pilkada Damai

Elemen masyarakat foto bersama usai Apel Kebhinnekaan Cinta Damai bersama Muspida di Sabang, Selasa (15/11). HENDRA HANDAYANA/RAKYAT ACEH

BLANGPIDIE (RA) – Kapolres Aceh Baratdaya (Abdya) AKBP Hairajadi, SH mengajak seluruh Tim Sukses (Timses) 10 pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Abdya untuk menciptakan Pilkada damai dalam masa kampanye yang sedang berlangsung.

Ajakan itu disampaikan orang nomor satu di jajaran Polres Abdya saat duduk santai bersama sejumlah wartawan, di sebuah cafe di kota Blangpidie, Senin (14/11).

Kepada wartawan, Kapolres Abdya meminta Timses sama-sama menjaga seluruh simpatisan maupun pendukungnya saat menggelar kampanye damai di setiap penyelenggaraan kampanye yang dilaksanakan pasangan calon.

Hairajadi berharap, dengan kampanye damai yang dilaksanakan 10 pasangan calon ini dapat menciptakan suasana aman dan tenteram di Pilkada 2017 mendatang di Abdya.

Untuk menciptakan suasana damai, pihaknya selaku penegak hukum terus memberikan pelayanan keamanan yang adil kepada seluruh Paslon yang sedang bertarung memperebutkan kursi nomor satu di Abdya.

“Bila ada pihak yang menebar isu bahwa pihak Polres mendukung salah satu calon atau memberi prioritas kepada salah satu calon, itu tidak benar, karena Polri netral dalam setiap Pilkada,” katanya.

Lebih lanjut, Kapolres mengajak semua pihak, terutama Timses untuk memiliki komitmen bersama dalam mewujudkan kampanye damai sehingga apa yang dicita-citakan, yakni Pilkada damai bisa terwujud.

“Bila ada pergesekan antara pasangan calon, upayakan diselesaikan secara damai bukan sebaliknya dibesar besarkan,” harapnya.
Diakui, Pilkada Abdya menguras tenaga karena diikuti 10 pasangan calon dan terbanyak di Aceh. Buktinya untuk pengamanan tertutup pihaknnya harus menyediakan 40 personil untuk memberikan keamanan kepada calon bupati-wakil bupati.

Begitu juga setiap calon, menggelar pertemuan atau silaturahmi dengan pendukungnya kita kawal dengan menurunkan personil Polsek maupun dari Polres. Untuk itu, di setiap pertemuan yang digelar, dia berharap harus diberitahukan kepada Polsek.
“Setiap kegiatan yang mengarahkan masa di atas 50 orang harus mendapat izin dari Polres,” katanya. (ria/ara)

ng harus mendapat izin dari Polres,” katanya. (ria/ara)