Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 16 Nov 2016 02:17 WIB ·

Soedarmo Kunjungi Lokasi Banjir


 Soedarmo Kunjungi Lokasi Banjir Perbesar

Calang (RA) – Plt Gubernur Aceh Soedarmo meninjau lokasi tanggul jebol di Gampong Teupin Asan, Kecamatan Darul Hikmah. Di daerah tersebut, saat banjir pekan lalu sejumlah rumah warga sempat terbawa arus. Selain itu, banjir juga merusak sebagian fasilitas umum dan jalan.

 

“Masih terus dilakukan pendataan baik itu persawahan warga, serta bangunan yang telah mengalami kerusakan,” kata Soedarmo, Selasa (15/11).
Menurutnya pemerintah setempat harus melakukan pengerukan sungai dan membangun bendungan kembali. Ia juga meminta, usai pendataan rumah warga yang rusak segera dibangun.

 

“Akan dilakukan pembahasan bersama pihak pemerintah kabupaten, serta dinas terkait pemerintah Aceh dalam upaya menuntaskan pembangunan tanggul di Teupin Asan,” kata Soedarmo.

 

Tanggul sungai Masen mengalami kerusakan hingga 250 meter, di Desa Tepin Asan mengalami kerusakan mencapai 100 meter, Gampong Masen 100 meter dan di Gampong Babah Dua mencapai 50 meter.
“Sementara kerusakan rumah di Tepin Asan terjadi enam unit rumah,” kata Camat Darul Hikmah, Nuri Assiri.

 

Nuri menambahkan, sementara kerusakan yang terjadi antara Gampong Masen dan Tepin Asan, jalan lintas desa mengelupas hingga 50 meter, serta aspal rusak berat di Gampong Masen hingga mencapai 60 meter, kelebaran yang tersisa seper tiga badan jalan tersebut. Total kerugian di taksir mencapai miliaran rupiah.

 

Menurut Nuri, banjir telah merusak sebagian kawasan Darul Hikmah. Banjir melanda delapan gampong dengan ketinggian air rata-rata 2 meter. “Sesuai dengan inisiatif para petugas melakukan evakuasi warga ke daerah yang tempat lebih tinggi,” sebutnya.

Walau warga dan petugas telah melakukan pencarian, Marno (40) korban hanyut terseret arus belum juga ditemukan. Padahal pencarian warga Kuala Simpang itu telah dilakukan hingga lokasi kejadian Lhok Duku di perairan Sungai Masen, Darul Hikmah.

Dalam kesempatan tersebut Plt Gubernur Aceh menyerahkan DSP (Dana Siap Pakai) dari BNPB senilai Rp 250 juta, diterima langsung Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Maulidi di Gampong Masen. Selain itu juga menyerahkan sejumlah sembako. (mag-67/mai)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

BSI Regional Aceh Dorong Penguatan Transaksi Digital Masjid

28 March 2024 - 19:36 WIB

Dampak Cuaca Ekstrem, Petani di Aceh Tamiang Siram Tanaman 2-3 Kali Sehari

28 March 2024 - 06:23 WIB

Polres Bireuen Musnahkan 27,5 Kg Sabu dan 5000 Butir Ekstasi

25 March 2024 - 18:16 WIB

Kapolres Jatmiko Bangunkan Warga Bireuen untuk Sahur

24 March 2024 - 16:56 WIB

Bahron Bakti Diangkat Jadi Sekda Pidie Jaya

22 March 2024 - 15:02 WIB

Berkah Ramadan, BPKH Serahkan Bantuan Bagi Santri MSBS Aceh Besar

20 March 2024 - 21:20 WIB

Trending di DAERAH