Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 18 Nov 2016 02:46 WIB ·

Penambang Emas Terimbun Longsor


 Penambang Emas Terimbun Longsor Perbesar

Tiga Meninggal, Tiga Luka-luka

Sigli (RA) – Tiga penambang emas ilegal asal Desa Ganda Soli, Kecamatan Jampang Kulon, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, meninggal tertimbun longsor. Musibah itu terjadi di lokasi pertambangan rakyat di Gampong Pulo Lhoih, Kemukiman Bangkeh, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie, sekitar pukul 02.45 WIB, Kamis (17/11).

 

Para korban meninggal Ahmad Maulani (37), Saep (43) dan Dodi(40). Jenazah para korban langsung dievakuasi ke Puskesmas Geumpang untuk divisum.
Selain merenggut korban jiwa, longsor juga menyebabkan tiga korban mengalami patah tulang dan luka-luka. Korban selamat juga berasal dari Sukabumi, dievakuasi ke Puskesmas yang sama. Korban luka-luka yakni Abam (46), Hendri (18) dan Ruswandi (35).

 

Informasi yang diperoleh polisi, para korban meninggal tertimbun saat sedang beristirahat di barak. Saat itu, hujan lebat menyebabkan perbukitan di sekitar barak longsor dan menimpa pekerja yang sedang tidur pulas.

 

Kapolres Pidie, AKBP M. Ali Khadafi SIK, membenarkan adanya musibah longsor di lokasi pertambangan rakyat Geumpang. Ia menegaskan, para korban sedang beristirahat hingga tidak bisa menyelamatkan diri.

 

“Iya benar, mereka sedang tidur, hujan deras makanya longsor. Sehingga mungkin tidak tahu. Yang meninggal dari Jawa Barat semua, sudah dipulangkan ke daerahnya,” jelasnya.

 

Sementara itu, informasi yang diperoleh Rakyat Aceh dari masyarakat Geumpang, ketiga warga yang meninggal saat kejadian sedang berada di dalam lubang tambang. Hingga saat longsor terjadi, korban langsung tertimbun tanah. Lokasinya, di Kilometer 18, pegunungan Lanjeu, Kecamatan Geumpang.

 

Warga juga mengabarkan, peristiwa yang sama terjadi pekan lalu di Geumpang. Dalam peristiwa itu, dua penambang meninggal Gana (45) dan Nurjen (22), keduanya juga warga Sukabumi, Jawa Barat. (zia/mai)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Pemerintah Aceh dan Haji Uma Bantu Pemulangan Jenazah Warga Kota Juang Bireuen

17 April 2024 - 21:03 WIB

Danrem 011/Lilawangsa Pamit Tugas ke Prajurit Saat Halal Bihalal

17 April 2024 - 17:40 WIB

Iskandar Usman Al-farlaky ditunjuk Mualem Cabup Aceh Timur, Ketua IKAPA Siap dukung Penuh

17 April 2024 - 09:56 WIB

Turun Langsung ke Jalan, Kapolres Bireuen Pastikan Arus Balik Mudik Lancar

15 April 2024 - 17:29 WIB

Polres Bireuen Imbau Pengunjung Wisata Jaga Keselematan Anak

14 April 2024 - 19:57 WIB

Kapolda Aceh Sidak Pos Pam dan Pos Yan Ops Ketupat Seulawah 2024 di Meulaboh 

9 April 2024 - 12:02 WIB

Trending di DAERAH