Motocross Disambut Antusia Warga

ADU NYALI: Para crosser mencoba bersaing pada kejuaraan Motocross Aceh 2016 memperebutkan piala Mualem di sirkuit buatan gampong Paya Cicem, Seunedon Aceh Utara, Minggu (20/11). HENDRI/RAKYAT ACEH

ACEH TIMUR (RA)– Kejuaraan open motor cross memperebutkan Piala Mualem berlangsung meriah di sirkuit buatan gampong Paya Cicem, Seunedon Aceh Utara. Perlombaan yang diberi tema “Gass Full Hingga Meraih Juara” berlangsung 19 hingga 20 November 2016

Warga yang menyaksikan perlombaan itu dari berbagai daerah di Aceh, hingga memenuhi area pertandingan dalam dua hari berturut-turut, meski dalam kondisi hujan.

Antusias penonton untuk datang berbodong-bodong ke arena pertandingan bukan tanpa alasan, sebab untuk kegiatan seperti ini di wilayah Aceh Timur, ini yang perdana. Makanya masyarakat setempat terasa terhibur dengan pelaksanaan kegiatan ini. “Di sini baru ini diselenggarakan kegiatan ini, makanya kami melihat secara langsung, biasanya kami melihat di Tv,” kata Mawardi B.

Dikatakannya, ajang ini menjadi hiburan mereka di sela masyarakat yang setiap hari sibuk pada perkerjaannya. “Kami di sini jarang hiburan, jika mau nikmati hiburan ke Lhoksemawe atau ke Sumatera Utara,” ujarnya.

Sementara itu, Muzakir Manaf atau yang disapa Mualem mengatakan, pelaksaan kegiatan di kampung halamanya itu, selain untuk mengembangkan olahraga Aceh, juga membuka luang bagi pemuda Aceh Utara dalam melakukan kegiatan positif, sebab banyak pemuda di sana yang hobi dalam hal balapan, namun karena tak ada sarana, hingga pemuda melakukan balapan di jalan raya.

“Buktikan kemampuan kalian di arena balapan, jangan bermain di jalan raya, nyawa jadi tahurannya dan tidak bermanfaat, di sinilah tempat yang pantas dan layak,” kata Mualem.

Selanjutnya ia menambahkan, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengajak pemuda, khususnya di Aceh Utara dan pada umumnya di Aceh agar tidak lagi gunakan narkoba, mulai dari sekarang mari berlomba-lomba melakukan kegiatan yang positif.

“Bek Lale Piep Sabee, nyoe tempat untuk meluangkan bakat dan roh neh, tanyoe ureung Aceh buktikan dan bangkitkan semangat tanyoe bak but positif, (Red- Jangan lalai dengan narkoba, ini sudah ada tempat untuk luangkan bakat kalian, kita orang Aceh buktikan dan bangkitkan semangat kita pada kegiatan positif),” ujarnya.

Selanjutnya Ketua DPR Aceh, Teungku Muharuddin mengaku Aceh memiliki banyak atlet olahraga yang mampu mengukir prestasi, seperti cabang olah raga bermotor. Selain itu banyak pula atlet yang sukses mengukir prestasi di tingkat lokal maupun nasional.

“Kompetisi ini, saya harapkan bisa menjadi ajang untuk mempromosikan bahwa Aceh juga memiliki pembalap-pembalap yang handal, bahkan bisa bersaing dan bertarung hingga ke tingkat nasional dan bahkan internasional nantinya,” kata Teungku Muharuddin saat membuka motocross 2016 di di sirkuit buatan. (ibi/rif)