Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 25 Nov 2016 03:12 WIB ·

Pengalihan Otsus Dipaksakan


 Pengalihan Otsus Dipaksakan Perbesar

BANDA ACEH (RA) – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Solidaritas untuk Rakyat Daerah Terpencil (SuRaDT) Aceh menilai upaya penghapusan Otsus kabupaten/kota dan pengalihan dana Otsus ke provinsi sebagai tindakan yang sangat dipaksakan dan tidak sesuai dengan tujuan pembangunan.

 

Pasalnya selama ini pengelolaan otsus di provinsi serapannya lebih rendah daripada kabupaten/kota. “Jika Otsus ditarik ke provinsi dipastikan daya serap akan melemah, dan ini semakin tidak baik untuk Aceh sendiri,” ujar Manajer Advokasi dan Humas SuRaDT, Deri Sudarma, Kamis (24/11).

 

Di lain sisi, lanjutnya, kebutuhan kabupaten/kota akan sulit disikronkan dengan provinsi. Hal itu dikhawatirkan akan menjadi awal maraknya proses setor-menyetor.

 

“Bukankah ini tindakan yang sangat tidak perlu dilakukan karena dengan adanya sentralisasi dana Otsus ini membuka ruang untuk menjadikan ketergantungan kabupaten/kota ke Provinsi, juga ditakutkan jika provinsi tarik dana Otsus dipastikan praktek lobi-lobi anggaran ke provinsi akan marak dilakukan,” ungkapnya.

 

SuRaDT mendesak pemerintah untuk membatalkan rencana itu agar stabilitas pembangunan dan pengelolaan Otsus di Aceh tidak terganggu. “Dana yang ada saja sekarang tidak sanggup dikelola oleh Pemprov dan justru menghasilkan sisa anggaran (Silpa), apalagi semua ditarik ke provinsi. Ujung-ujungnya uang akan dikembalikan ke pusat karena tidak terserap,” jelasnya.

 

Menurutnya, di mana ada kekurangan supaya dapat diperbaiki dan tidak serta merta langsung dihapus Otsus kabupaten/kota. (adi/ara)

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Meriahkan HUT ke-41 Semen Andalas, SBA Gelar Pekan Olahraga 2024

20 July 2024 - 11:32 WIB

PGE Salurkan Bantuan untuk Korban Angin Kencang di Tanah Luas

20 July 2024 - 09:25 WIB

Progres Pembangunan Venue PON di Aceh Capai 90 Persen Lebih

19 July 2024 - 20:35 WIB

Dibukukan dan Diluncurkan di Padang Panjang, Segera Kirim Puisi Bertema “Bencana” Ke Komunitas Seni Kuflet

19 July 2024 - 19:46 WIB

Ops Patuh Seulawah 2024, Personel Ditlantas Polda Aceh Menegur Humanis

19 July 2024 - 19:02 WIB

Pengurus Pusat PP-RRI Apresiasi Kepada PD-PPRRI Banda Aceh

19 July 2024 - 18:36 WIB

Trending di METROPOLIS