Semburan Vulkanik Lamteuba Bertambah

Jantho (RA) – Titik semburan gas vulkanik di Kemukiman Lamteuba, Kecamatan Seulimum bertambah. Namun hingga kemarin, pemerintah setempat belum melakukan tindakan pencegahan.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Besar, Ridwan Jamil mengaku belum berhasil menangani persoalan tersebut. Ia menyebutkan, pihaknya belum mendapatkan laporan detil dari pihak vulkanologi, sebagai pihak yang paling mengetahui terkait dengan gunung api.
“Kita masih menunggu informasi akurat dari pihak vulkanologi, sebelum kita bertindak,” kata Ridwan Jamil, Kamis (24/11).

Sementara itu, Camat Seulimum, Zulkifli, melaporkan bahwa telah ditemukan kembali satu titik semburan vulkanik di Gampong Ateuk kemukiman setempat. Maka jumlah semburan vulkanik yang disebut-sebut kebakaran batu bara itu menjadi dua titik.

 

“Siang tadi (kemarin) tim Muspika kembali turun ke lokasi dan menemukan satu titik lagi di gampong yang berbeda,” kata Camat Zulkifli.

 

Pantauan kemarin, kedua titik semburan asap panas itu menimbulkan bau yang menyengat hingga ke lingkungan warga. Ia berharap pihak terkait dapat segera menangani persoalan tersebut, pasalnya, warga semakin resah.
“Saya sudah meminta agar pihak terkait segera menangani dan mendeteksi lebih dalam terhadap lokasi berpotensi lainnya,” ujarnya.

 

Diberitakan sebelumnya, semburan terjadi di Gampong Lam Apeng di atas area seluas 2.500 meter persegi, dengan radius 2 kilometer dari lokasi pemukiman warga. (mag63/mai)