ACEH UTARA (RA) – PT Kertas Kraft Aceh (KKA), di Gampong Jamuan, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, yang sudah lama mati suri, akan beroperasi kembali pada tahun 2017 mendatang. Hal itu sehubungan dengan adanya investasi yang bakal dilakukan oleh Floresta PTE Limited, sebuah perusahaan asal Finlandia, untuk menghidupkan pabrik KKA tersebut.

Tentunya, harapan masyarakat Kecamatan Banda Bao, jika Pabrik Kertas Kratf Aceh itu benar-benar hidup kembali, maka masyarakat lingkungan jangan menjadi penonton saja. Namun, harus diterima sebagai tenaga kerja sesuai dengan kemampuan daripada masyarakat itu sendiri.

“Kami ingin melamar kerja untuk menjadi tukang pembersih kaca di Pabrik Kertas Kraft Aceh,”ucap Watijah (38) Warga Ulee Nyeu, Kecamatan Banda Baro, Aceh Utara, kepada Rakyat Aceh, kemarin.

Dia mengatakan, ketika perusahaan tersebut masih beroperasi dulunya dia hanya diperbantukan sebagai tenaga cuci piring dan kebutuhan lainnya dijika butuhkan oleh perusahaan.

Hal senada juga disampaikan Aisah (45) warga setempat. Sebut dia, dengan akan beroperasi kembali Pabrik KKA ini, maka masyarakat lingkungan jangan sampai menjadi penonton. Minimalnya, harus dipekerjaan dan menjadi prioritas sesuai keahlian masing-masing. “Kalau KKA hidup kembali, bisalah kita kerja jadi tukang kebun,” tuturnya. (val/arm)

FOTO KUNJUNGAN : Chairiah, Asisten Deputi Restruktrurisasi dan Pendayagunaan Potofolio Kepemilikan Negara Minoritas, Badan Usaha Milik Negara(BUMN) tengah berbincang dengan Muspida Aceh Utara, di Pabrik KKA Kamis (24/11). Nauval/Rakyat Aceh