Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

Uncategorized · 28 Nov 2016 07:58 WIB ·

Selamat! Nico Rosberg Juara Dunia Formula 1 Musim 2016


 Pembalap Mercedes Nico Rosberg melakukan selebrasi di Yas Marina Abu Dhabi usai memastikan dirinya sebagai juara F1 2016 Perbesar

Pembalap Mercedes Nico Rosberg melakukan selebrasi di Yas Marina Abu Dhabi usai memastikan dirinya sebagai juara F1 2016

Harianrakyataceh.com – Juara baru lahir di balapan jet darat. Pembalap asal Jerman, Nico Rosberg, resmi ditahbiskan sebagai juara dunia Formula 1 musim 2016 pada seri pamungkas, Grand Prix Abu Dhabi, Minggu (27/11).

Dalam balapan di Sirkuit Yas Marinas itu, Rosberg sejatinya hanya finis kedua di belakang rekan setimnya di Mercedes, Lewis Hamilton. Namun, posisi itu sudah cukup membawa Rosberg merebut titel juara dunia pertamanya sejak debut 10 tahun silam.

Catatan Rosberg pada musim ini memang cukup impresif. Dia sukses memenangi 9 seri masing-masing di Australia, Bahrain, Tiongkok, Rusia, Eropa, Belgia, Italia, Singapura, dan Jepang.

Jelang balapan seri terakhir musim 2016, Rosberg memang hanya membutuhkan hasil podium untuk mengunci gelar juara dunia. Setelah 55 putaran di sirkuit Yas Marina, Rosberg berhasil melakukan tugasnya tersebut.

Sementara bagi rekan satu tim dan rivalnya sepanjang musim ini, Lewis Hamilton, raihan juara balapan malam ini akan terasa hampa karena dia gagal merebut titel juara dunia dari tangan Rosberg.

Sejak start, kedua pembalap sama-sama melakukan start bagus dari posisi satu dan dua dan sanggup mempertahankan posisi hingga Lap 7.

Hamilton lantas melakukan pit-stop untuk mengganti ban ultrasoft dengan ban soft yang baru. Sempat tertahan oleh Kimi Raikkonen di pitlane, Hamilton kemudian keluar di depan mobil Verstappen.

Di lap 8, giliran Rosberg yang masuk ke pit, dan lagi-lagi pembalap Mercedes tertahan oleh pembalap Ferrari di pitlane. Pembalap Jerman itu kemudian keluar di depan Raikkonen, namun di belakang Verstappen yang belum melakukan pitstop.

Di stint kedua, Hamilton kembali memasang ban soft. Kompon yang sama kemudian juga dipasang di mobil Rosberg di Lap 29. Usai melakukan pitstop-nya, Rosberg berhasil keluar di depan kedua mobil Red Bull yang menjadi ancaman terbesarnya di balapan malam ini.

Menyadari bahwa usahanya belum cukup untuk merebut gelar juara dunia, Hamilton kemudian memelankan laju mobilnya. Hal itu dilakukan agar Rosberg dapat menerima ancaman dari mobil-mobil di belakangnya.

Vettel menjadi pembalap yang diuntungkan oleh strategi yang dilakukan Hamilton di paruh akhir balapan ini. Pembalap Ferrari itu melakukan pitstop dan memasang ban supersoft di Lap 38.

Dengan ban yang lebih lunak dan lebih segar dari pesaing-pesaingnya, Vettel kemudian mencatat waktu tercepat, 1 menit 44,094 detik. 2 detik lebih kencang dari catatan waktu Hamilton di fase ini.

Sedikit gelisah dengan kelakuan Hamilton, terlebih lagi dengan ancaman yang kini datang dari Vettel, tim Mercedes memberikan instruksi kepada pembalap Inggris Raya tersebut: “Kita butuh (1 menit) 45,1 detik.” Hamilton merespons dengan nada sedikit sebal: “Saya pikir kalian harusnya membiarkan kami berlomba.” Vettel sanggup menyalip Verstappen untuk naik ke posisi ketiga di Tikungan 11. Sementara, usaha Hamilton untuk ‘menyingkirkan’ Rosberg dari posisi kedua belum berhasil. Rosberg sanggup menjaga posisi podium keduanya hingga akhir balapan.

Hamilton finis pertama tapi terasa hambar karena pesta malam itu menjadi milik rekan setimnya. Rosberg kemudian merayakan prestasi gemilangnya dengan melakukan aksi ‘donut’ yaitu memutar mobil 360 derajat di lurusan start/finis.

Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Tersangka Penembak Trump dan Satu Pendukung Meninggal Dunia, Dua Lainnya Luka Parah

14 July 2024 - 14:36 WIB

Terus Dukung Program Aceh Carong, PT Solusi Bangun Andalas Serahkan Beasiswa Semen Andalas Tahun 2024 kepada 350 Pelajar

10 July 2024 - 17:25 WIB

Polres Aceh Barat Tegas Memberantas Praktik Judi Online di daerahnya

3 July 2024 - 19:36 WIB

Kemenlu Palestina Sebut Israel Targetkan Komunitas Kristen di Yerusalem

30 June 2024 - 19:32 WIB

38 Bintara Polri di Polresta Banda Aceh Naik Pangkat Setingkat

30 June 2024 - 11:25 WIB

DPMPP-KB Aceh Utara Gelar Dapur Sehat Atasi Stunting

27 June 2024 - 12:21 WIB

Trending di Uncategorized