Lima Peran DPRA Sukseskan Pilkada

BANDA ACEH (RA) – Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Abdullah Saleh, menyebutkan ada lima peran DPRA dalam penyelenggaraan Pilkada Aceh 2017.

“Ada lima peran DPRA dalam mendukung pelaksanaan Pilkada serantak di Aceh,” kata Abdullah Saleh saat rapat koordinasi Kependudukan Dalam Rangka Mendukung Tahapan Pilkada Serantak Aceh di Aula Serbaguna Kantor Gubernur Aceh, Selasa (29/11).

Pertama, kata dia, DPRA memiliki peran dalam rangka pembentukan regulasi, yakni menyempurnakan Qanun tentang penyelenggaraan Pilkada Aceh dengan melakukan revisi Qanun 7 Tahun 2007.

“Qanun ini secara spesifik mengatur tentang pembentukan, tugas dan fungsi KIP. Serta mengatur ranah pengawasan pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pemilu presiden oleh Bawaslu,” katanya.

Peran kedua ialah merekrut dan membentuk penyelenggara Pilkada Aceh, yaitu merekrut Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) dan Anggota Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh.

“Anggota KIP Aceh diusulkan DPRA dan ditetapkan KPU, serta diresmikan gubernur. Ini tertuang dalam Pasal 56 ayat 4 UU Nomor 11 Tahun 2011 Tentang Pemerintahan Aceh,” sebutnya.

Ia menambahkan, peran ketiga DPRA memberikan dukungan anggaran seluruh rangkaian penyelenggaraan Pilkada yang ditetapkan dalam APBA. Keempat, melakukan fungsi koordinasi dengan KIP Aceh, Pemerintah Aceh serta Kapolda Aceh.

“Ini dilakukan untuk membahas kesiapan pelaksanaan Pilkada sekaligus persiapan pengamanan oleh pihak kepolisian,” pungkasnya.

Sedangkan yang kelima, DPRA memiliki fungsi pengawasan seluruh rangkaian pelaksaan Pilkada agar dapat berjalan lancar. “Secara khusus ialah KIP Aceh
penyelenggara Pilkada harus melaporkan setiap kegiatan Pilkada kepada DPRA sesuai dengan ketentuan pasal 59 huruf c UUPA,” jelasnya.

Meskipun Aceh ditetapkan sebagai salah satu daerah paling rawan konflik di Indonesia, ia tetap optimis penyelenggaraan Pilkada di Aceh tetap aman dan lancar.
“Tergantung perspektif melihat kerawanan itu. Mamang Aceh adalah daerah bekas konflik, tapi kita berharap akan tetap aman, lancar dan kondusif,” harapnya. (mag-68/mai)