Gampong Neusok Tandatangani Reusam ABH(/12)IST

Turut disaksikan Pejabat Bappenas, Kemenkumham dan Kemendagri

 Banda Aceh.Sebagai upaya untuk mengurangi angka kekerasan terhadap anak di tingkat gampong akhirnya, Gampong Neusok, Kecamatan Darul Kamal, Aceh Besar, menandatangani Reusam Anak Berhadapan dengan hukum, Senin(28/11). Program ini didukung Unicef berkerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh dan Restorative Justice Working Group (RJWG). Reusam tersebut ditandatangani oleh Keuchik Gampong Neusok Mansyurdin dan Tuha Peut Abdullah Hasan.

Ir Yossi Diani Tresna dari Subdit Perlindungan Anak, Dit ,Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bappenas RI yang turut menyaksikan prosesi penandatanganan menyampaikan bahwa desa di Aceh selangkah lebih maju mengingat telah lahirnya reusam perlindungan anak. ‘’kami bangga dengan kesadaran bersama masyarakat telah menghailkan peraturan gampong, ijinkan kami kelak menjadikan gampong ini sebagai tempat studi’’ ucapnya didampingi Direktur PKPM Aceh Muslim Zainuddin,

Keuchik Neusok Mansyurdin menjelaskan bahwa Reusam ABH ini unik karena semua unsur lapisan masyarakat terlibat mulai bhabinsa dan bhabinkhamtibmas juga ikut memberikan gagasan dalam proses penyusunan reusam.’’ Kita berharap Reusam perlindungan terhadap perempuan dan anak bisa berkontribusi bagi gampong-gampong sekitar menuju gampong layak anak.’’Pintanya

Selain menyaksikan  penandatanganan Reusam Tim dari  Bappenas, Kemenkumham dan Kemendagri juga melakukan kunjungan ke gampong Pango Banda Aceh dalam rangka berdiskusi dan melihat langsung alur pencatatan kelahiran berbasis gampong.
Turut hadir pada kegiatan tersebut, Tatan Rahmawan Ditjen Pemasyarakatan dan pengentasan anak Kemenkumham, Diana Anggraini, Ditjen Kependudukan dan pencataan sipil Kementerian Dalam Negeri, Kepala Kantor Unicef Banda Aceh Andi Yoga Tama, Kabid Data Dukcapil Banda Aceh Nurul, Hasanuddin, Kabid Sosbud Bappeda Aceh Besar, Kabid data Dukcapil Sariani, Muspika Darul Kamal serta tamu undangan.(SLM)