Ilustrasi

BANDA ACEH – Banjir melanda Kabupaten Aceh Singkil bukan hanya menyebabkan ratusan rumah warga dan arus lalu lintas terputus. Banjir akibat tingginya tingginya curah hujan tersebut juga ikut mengakibatkan jaringan listrik mengalami kerusakan.

Berdasarkan informasi disampaikan Deputi Manager Hukum dan Humas PLN Aceh T. Bahrul Halid mengatakan, sejak banjir yang melanda di Kabupaten Singkil sebanyak 10 tiang listrik roboh. Sehingga pasokan listrik di sejumlah wilayah di Kabupaten tersebut terganggu. PLN area Subulussalam terus melakukan pemulihan jaringan listrik secara keseluruhan serta memperbaiki tiang listrik yang roboh.

Bahrul menyampaikan, sudah dua hari tim teknis mengerjakan perbaikan pasokan listrik mulai penanaman kembali tiang-tiang litrik yang roboh, serta penarikan saluran udara tegangan menengah 20 KV dan saluran udara kabel tegangan rendah 400 V sepanjang 500 meter.

“PLN Area Subulussalam juga terus berusaha memperbaiki jaringan yang rusak akibat banjir. Hingga kemarin, pekerjaan sudah sampai penegakan, penanaman kembali tiang yang roboh sebanyak sembilan batang. Kalau tidak ada kendala cuaca maka Kabupaten Singkil akan akan terang kembali,” ujar Bahrul, Rabu (30/11).

Pengerjaan pemulihan listrik, dilakukan secara bertahap yang diawali dengan menormalkan pasokan listrik ditempat-tempat vital seperti rumah sakit.
Untuk membantu korban banjir, PLN Aceh dan Subulussalam juga menyerahkan bantuan pada korban banjir.

Bantuan tersebut berasal dari bantuan Corporate Social Responsibility (CRS) PLN Wilayah Aceh. Bantuan diserahkan Manager PLN Area Subulussalam Hendrik Firdaus diberikan pada 192 kepala keluarga yang terkena banjir. Bantuan diserahkan berupa sembako, terdiri dari indomie, sarden, susu, minyak goreng kemasan, kecap botol, saus, roti kaleng.

Petugas di lapangan juga kesulitan untuk mengakses sejumlah desa yang masih direndam banjir, seperti Desa Pea Bumbung, karena tidak bisa masuk, maka bantuan kepada warga di sana tidak dapat disalurkan langsung, maka dititipkan melalui Dinas Sosial setempat. “Kita harap bantuan ini bisa bermaanfaat bagi masyarakat yang kena musibah banjir,” demikian pungkas Bahrul. (slm)
===============================================================
RAKYAT ACEH/FOR RAKYAT ACEH
SERAHKAN BANTUAN : Manager PLN Area Subulussalam Hendrik Firdaus menyerahkan menitipkan bantuan korban banjir Aceh Singkil, kepada Kepala Dinas Sosial Aceh Singkil, Jaruddin, Rabu (30/11).