Plt Gubernur Tinjau Banjir Singkil

KUNJUNGI KORBAN BANJIR: Plt. Gubernur Aceh, Soedarmo berbincang dengan korban banjir saat meninjau Desa Ujung Bawang dan Desa Sukamakmur, Aceh Singkil, Kamis (1/12). Dalam kunjungan ini, Plt. Gubernur juga menyerahkan bantuan tanggap darurat kepada pemerintah Aceh Singkil untuk di salurkan kepada korban banjir., FOR RAKYAT ACEH

SINGKIL (RA) – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Soedarmo, meninjau kondisi pengungsi banjir di Aceh Singkil, Kamis (01/12). Dalam tinjauan tersebut, Soedarmo ikut menyerahkan bantuan masa panik pada masyarakat. Bersamanya ikut hadir Panglima Kodam Iskandar Muda, Tatang Sulaiman dan Kapolda Aceh Rio. S. Djambak.

Soedarmo menyebutkan, banjir yang melanda Aceh Singkil merupakan musibah yang membutuhkan perhatian bersama seluruh masyarakat Aceh. Ia ke Singkil, kata Soedarmo untuk melihat langsung kondisi masyarakat sekaligus mengecek segala kebutuhan dan mengupayakan bantuan untuk meringankan derita para korban.

“Mudah-mudahan masyarakat bisa cepat kembali ke rumah masing-masing. Mari kita semua berdoa mudah-mudahan musibah ini segera berakhir dan teratasi dengan baik,” kata Soedarmo saat meninjau langsung lokasi dapur umum untuk korban banjir di Desa Ujung Bawang, Kamis (1/12). Soedarmo meminta agar masyarakat tabah menghadapi cobaan tersebut.

Seperti diketahui, setelah beberapa hari dikepung banjir, kondisi terbaru, air mulai surut. Cuaca cerah serta hujan yang tak lagi turun membuat genangan air mulai berkurang. Hanya di beberapa tempat, air masih tergenang semata kaki.

Seusai meninjau lokasi dapur umum, Plt Gubernur kemudian melihat langsung kondisi jembatan darurat di Desa Ketapang Indah. Jembatan tersebut diketahui rusak diterjang banjir. Soedarmo kemudian menuju ke posko induk penanggulangan bencana banjir Aceh Singkil, di Kantor Bupati setempat untuk menyerahkan bantuan melalui Dinas Sosial Provinsi Aceh.

Untuk diketahui, kondisi terakhir yang diperoleh dari Pusat Pengendalian Operasi Badan Pengendalian Bencana Aceh, bahwa secara keseluruhan Aceh Singkil sudah berangsur membaik.

Di Kecamatan Suro, banjir telah sepenuhnya surut. Kondisi serupa juga terlihat di Kecamatan Gumer dan Kecamatan Simpang Kanan. Lalulintas di sana lapor Pusdalops BPBA, sudah sepenuhnya bisa dilewati.

Sementara di Kecamatan Singkil Utara, air disebutkan sudah surut. Namun demikian, beberapa titik lokasi lalulintas, jalanan masih terputus, tepatnya di Desa Ketapang Indah dan di Gosong Telaga Barat.

Selain itu, data Pusdalops menyebutkan bahwa di 16 desa di Kecamatan Singkil, masih banjir. Namun demikian, air dilaporkan sudah berangsur surut.

Singah di Bandara Cut Nyak Dhien

Sebelum kunjungi Singkil, rombongan sempat singah di Bandara Cut Nyak Dhien, Nagan Raya di Kubang Gajah, Kecamatan Kuala Pesisir, sekitar pukul 09.47 WIB. Kedatangan unsur Forkopimda Aceh di Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya dalam rangka rivaul avtur, menggunakan pesawat Helly bell milik TNI AD. Bersama rombongan tersebut juga ikut, Aster Kasdam IM Kol Inf Nevra Firdaus, Dansat Brimobda Aceh, Kombes Pol Nurman, dan Adc Plt Gurbernur Aceh, Mulyanto.

Kegiatan Unsur Forkopimda Aceh, Revaul Avtur, melakukan sarapan pagi bersama unsur Forkopimda Nagan Raya, yang di sambut Sekda Nagan Raya, T. Zamzami, Kasrem 012/TU Letkol Inf Puguh Suwito, Dandim 0116 Nagan Raya, Letkol Kav M. Wahyudi, Kapolres Nagan Raya, AKBP Mirwazi, Kajari Nagan Raya, Ali Hanafiah Saragih.

Selain itu, Danyon 116/GS, Letkol Inf Wahyu, Wakil Ketua 1 DPRK Nagan Raya, Samsuardi, Danden Auri, Mayor Lek Agus Setyawan, Kepala Bandara Cut Nyak Dhien Nagan Raya, Juli Mudjiono, dan Kaden Brimob Nagan Raya, AKP Usman, sejumlah Para SKPK Nagan Raya. Sekitar pukul 10.22 WIB. Rombongan Forkopimda Aceh, take off menuju Aceh Singkil. (ibr/rel/mai)