Ayo Tuntaskan di Hanoi

Boaz Solossa (kanan) melakukan selebrasi bersama rekan setimnya setelah berhasil mencetak gol kedua ke gawang tim nasional Vietnam melalui tendangan penalti pada babak semifinal Piala AFF Suzuki Cup 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, kemarin (3/12). FOTO: Angger Bondan/Jawa Pos

Harianrakyataceh.com – Perjuangan belum selesai. Kemenangan 2-1 (1-1) atas Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, tadi malam (3/12) belum memastikan langkah Indonesia ke final Piala AFF 2016. Boaz Solossa dkk masih harus menjalani second leg semifinal di Hanoi pada 7 Desember.

Memang Indonesia hanya butuh hasil imbang untuk mengunci tiket ke partai puncak. Tapi ingat, tidak mudah mencuri angka di ibu kota Vietnam itu. Pada laga uji coba bulan lalu di Hanoi, skuad Garuda -julukan timnas Indonesia- kalah 2-3 oleh tuan rumah. Nah, kali ini Vietnam hanya butuh menang 1-0 untuk lolos ke final.

Setelah pertandingan tadi malam, pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl memuji semua pemainnya. Terutama duet bek te­ngah Hansamu Yama Pranata dan Manahati Lestusen. Inilah kali pertama keduanya menjadi starter seiring dengan absennya dua bek utama Fachruddin Wahyudi dan Yanto Basna karena akumulasi kartu kuning.

“Dengan penampilan terbaik mereka, kini kita punya empat bek tengah unggulan di timnas. Empat orang ini tentu harus bersaing untuk mendapatkan posisi sebagai starter,” papar Riedl.

Hansamu menjawab kepercayaan itu dengan mencetak gol pertama Indonesia pada menit ketujuh, memanfaatkan bola umpan dari Rizky Pora. Sepuluh menit berselang, Vietnam menyamakan skor dari tendangan penalti. Wasit asal Australia Jarred Gavan Gillett menunjuk titik putih setelah Beny Wahyudi mendorong kapten Vietnam Lee Cong Vinh ketika duel udara di kotak penalti.

Protes para pemain Indonesia tidak mengubah keputusan wasit. Nguyen Trong Hoang berhasil menjalankan tugas sebagai eksekutor. Dia menendang bola ke arah kanan kiper Kurnia Meiga yang bergerak ke arah sebaliknya.

Gol kemenangan Indonesia juga lahir dari titik penalti. Tepatnya pada menit ke-50. Penalti diberikan wasit setelah Stefano Lilipaly dijatuhkan pemain Vietnam di kotak terlarang. Boaz yang menjadi eksekutor berhasil menaklukkan kiper Vietnam Tran Nguyen Manh.

Kemenangan Indonesia disambut gegap gempita puluhan ribu suporter. Termasuk Presiden Joko Widodo yang duduk di kursi kehormatan. “Intinya, tim ini sudah mulai menemukan permainan terbaik mereka. Kita berharap hasil bagus ini bisa berlanjut di leg kedua nanti,” kata Riedl. (ben/c9/ca)