Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

Uncategorized · 5 Dec 2016 03:04 WIB ·

Bulan Bintang Berkibar


 PERINGATI MILAD: Eks Kombatan Gam Wilayah Meurehom Daya mengibarkan Bendera Bulan Bintang Pada Pelaksanaan Milad Gam Ke-40 di  Pegunungan Pante Cermin Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Ahad (4/12).
FOR RAKYAT ACEH Perbesar

PERINGATI MILAD: Eks Kombatan Gam Wilayah Meurehom Daya mengibarkan Bendera Bulan Bintang Pada Pelaksanaan Milad Gam Ke-40 di Pegunungan Pante Cermin Kecamatan Jaya, Aceh Jaya, Ahad (4/12). FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Peringatan Milad Gerakan Merdeka (GAM) ke 40, berlangsung di sejumlah daerah dengan beragam kegiatan. Para mantan kombatan di Aceh Jaya, memilih melaksanakan upacara pengibaran bendera bulan bintang di kemukiman Pante Cermin, Kecamatan Jaya, Ahad (4/12).

Upacara itu diikuti puluhan kombatan wilayah Meurehom Daya.Teuku Dedi, peserta upacara menyatakan pihaknya sangat berharap pemerintah Aceh untuk menjalankan butir-butir MoU Helsinki. “Kita akan terus menjaga perdamaian yang telah disepakati pemerintah RI dan GAM,” sebutnya.

Ia menegaskan, saat ini tidak ada alasan bagi pemerintah Aceh dan pusat untuk melarang pengibaran bendera bulan intang. “Bendera ini telah disahkan. Maka saat ini tidak ada alasan lagi untuk melarang kami mengibarkan bendera bulan bintang,” kata Dedi.

Upacara bendera berlangsung hikmat dengan diiringi azan. Tampak peserta upacara memakai pakaian loreng dan mengenakan baret ragam warna.

Usai upacara, para peserta berdoa bersama untuk korban konflik dan kombatan yang meninggal. Menurut Dedi, Milad tahun ini juga dimeriahkan dengan pemberian santunan pada yatim korban konflik.Kegiatan itu berlangsung di lapangan bola kaki, Keude Krueng Sabee.
KPA Langsa Donor Darah

Sementara itu, mantan kombatan yang tergabung dalam Komite Peralihan Aceh (KPA) Wilayah Langsa gelar doa bersama, tausiah, donor darah dan santunan untuk anak yatim. Kegiatan itu berlangsung di kantor KPA, Gampong Seuriget.

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Isa, mengatakan peringatan Milad bagian penting untuk mengingat akan perjuangan rakyat Aceh, sekaligus mensyukuri nikmat perdamaian. “Terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini,” sebutnya.

Penasehat KPA Langsa, Tgk Usman Abdullah (Toke suum) menyatakan harapan Aceh semakin sejahtera. Untuk itu, ia meminta para mantan kombatan tetap kompak dan mengambil peran dalam pembangunan daerah. “Mari kita bangun kebersamaan yang sudah terjalin ini dengan baik. Apapun ceritanya damai dapat kita pertahankan,” ujar Toke suum.

Ia juga menyampaikan seruan agar mantan kombatan dan warga tidak mudah terprovokasi pihak-pihak yang ingin merusak perdamaian. “Jangan tanam kebencian dalam masyarakat, karena itu akan berpengaruh pada stabilitas politik dan keamanan di Aceh,” ujarnya lagi.

Hal senada juga disampaikan Burhansyah, Ketua DPRK Langsa saat membaca amanat Wali Nanggroe. Ia menyebutkan konflik Aceh sejak tahun 1976 dan berakhir tahun 2005. Konflik yang berlangsung lama itu, telah menyebabkan kerugian nyawa dan harta benda.

“Mari kita bersatu saling membangun Aceh. Dalam perkara membangun Aceh kita harus mengacu pada MoU Helsinki dan UPPA,” sebutnya. (mag-67/ris/mai)

Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Tersangka Penembak Trump dan Satu Pendukung Meninggal Dunia, Dua Lainnya Luka Parah

14 July 2024 - 14:36 WIB

Terus Dukung Program Aceh Carong, PT Solusi Bangun Andalas Serahkan Beasiswa Semen Andalas Tahun 2024 kepada 350 Pelajar

10 July 2024 - 17:25 WIB

Polres Aceh Barat Tegas Memberantas Praktik Judi Online di daerahnya

3 July 2024 - 19:36 WIB

Kemenlu Palestina Sebut Israel Targetkan Komunitas Kristen di Yerusalem

30 June 2024 - 19:32 WIB

38 Bintara Polri di Polresta Banda Aceh Naik Pangkat Setingkat

30 June 2024 - 11:25 WIB

DPMPP-KB Aceh Utara Gelar Dapur Sehat Atasi Stunting

27 June 2024 - 12:21 WIB

Trending di Uncategorized