ILUSTRASI

SUKA MKMUE (RA) – Satu unit rumah di Gampong Geulanggang Gajah, Kecamatan Darul Makmur, Kabupaten Nagan Raya, amblas ke Krueng Lamie, akibat erosi yang mengikis tebing sungai.

Menurut keterangan warga, rumah tersebut milik Muhammad, mantan Geuchik Gampong Geulanggang Gajah, yang selama ini ditempatinya bersama istri, dua anaknya, serta keluarga lainnya. Mereka terpaksa mengungsi ke rumah lain di daerah itu.

“Mereka sudah beberapa hari ini pindah ke rumah lain di gampong setempat, karena rumah yang ada mengalami rusak parah setelah amblas ke Krueng Lamie yang dikenal ganas,” kata Husein, warga setempat kepada Rakyat Aceh, Ahad (4/12).
Mereka berharap kepada pemerintah untuk segera menangulangi erosi Krueng Lamie dengan memasang tanggul batu gajah guna mengamankan tebing dari ancaman air yang deras di setiap banjir.

Karena bila kondisi seperti itu terus dibiarkan begitu saja, erosi tersebut terus mengancam rumah penduduk di Gampong Geulanggang Gajah, sebab setiap banjir erosi semakin meluas ke pemukiman warga.

“Akibat erosi yang semakin meluas di daerah itu, membuat tiga rumah warga lainnya
di desa setempat yang juga sudah berdekatan dengan tebing sungai tersebut terancam amblas ke Krueng Lamie,” ujar Husein.

Namun, hingga berita ini diturunkan, Rakyat Aceh belum berhasil mengkonfirmasi insiden ini dengan pihak-pihak terkait di Nagan Raya. (ibr/ara)