Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

Uncategorized · 6 Dec 2016 03:33 WIB ·

Peksos PA Sosialisasi ke Sekolah


 SOSIALISASI: Pekerja Sosial Perlindungan Anak Nagan Raya, Arifin memberikan sosialisasi
tentang anti kekerasan terhadap anak di gedung SMAN Bunga Bangsa, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Senin (5/12). 
IBRAHIM ISTRA/RAKYAT ACEH Perbesar

SOSIALISASI: Pekerja Sosial Perlindungan Anak Nagan Raya, Arifin memberikan sosialisasi tentang anti kekerasan terhadap anak di gedung SMAN Bunga Bangsa, Kecamatan Darul Makmur, Nagan Raya, Senin (5/12). IBRAHIM ISTRA/RAKYAT ACEH

SUKA MAKMUUE (RA) – Pekerja Sosial Perlindungan Anak (Peksos PA) Kabupaten
Nagan Raya, melakukan sosialisasi tentang anti kekerasan terhadap anak ke sejumlah sekolah. Kegiatan ini berlansung di gedung Sekolah Menagah Atas (SMA) Negeri
Bunga Bangsa, Kecamatan Darul Makmur, Senin (5/12).

Sosialisasi tersebut diikuti sebanyak 30 peserta (perwakilan kelas dan pengurus OSIS), selama satu hari.

Arifin, S.Sos, Peksos PA Nagan Raya mengatakan, kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan program ujicoba Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos-RI) di daerah melalui Pekerja Sosial Perlindungan Anak yang ditugaskan di Dinas Sosial Kabupaten Nagan Raya.

“Kegiatan ini sebagai upaya preventif (pencegahan) terjadinya tindak kekerasan terhadap anak, melalui edukasi (pendidikan dalam bentuk penyuluhan) ke sekolah tingkat SMA. Mengingat kasus kekerasan terhadap anak secara umum dari tahun ke tahun mengalami peningkatan,” kata Arifin.

Menurutnya, tujuan dari kegiatan tersebut adalah peserta diharapkan memahami pengertian, bentuk-bentuk dampak kekerasan terhadap anak (baik kekerasan fisik maupun kekerasan seksual), serta mampu melakukan upaya pencegahan kekerasan di lingkungan anak, keluarga, masyarakat, serta institusi pendidikan.

Selanjutnya, peserta diharapkan mengetahui dan melakukan intervensi pertolongan terhadap anak korban kekerasan fisik dan melakukan rujukan ke layanan-layanan terkait seperti, Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) Dinas Sosial.

itu, bisa juga melaporkan ke Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Nagan Raya, Layanan Kesehatan, dan Kepolisian setempat, serta lainya.

“Ketika anak menjadi korban kekerasan, bisa melaporkan ke LK3 Dinas Sosial
dan P2TP2A Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Nagan Raya di komplek perkantoran Suka Makmue, atau menghubungi langsung ke kontak saya di 0852-77244-281,” kata Arifin.

Kapala Dinas Sosial Nagan Raya, Mustafa mengatakan, kegiatan yang dilakukan Peksos PA setempat merupakan program Kemensos-RI. Kegiatan tersebut guna memberikan pencerahan terhadap anak-anak yang harus mengindari hal-hal yang tidak baik dalam sehari-hari.

“Kita sangat mendukung program-program pusat yang diadakan oleh Peksos PA
Nagan Raya dalam melakukan sosialisasi tentang anti kekerasan terhadap anak,” kata Mustafa. (ibr/ara)

 

Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Tersangka Penembak Trump dan Satu Pendukung Meninggal Dunia, Dua Lainnya Luka Parah

14 July 2024 - 14:36 WIB

Terus Dukung Program Aceh Carong, PT Solusi Bangun Andalas Serahkan Beasiswa Semen Andalas Tahun 2024 kepada 350 Pelajar

10 July 2024 - 17:25 WIB

Polres Aceh Barat Tegas Memberantas Praktik Judi Online di daerahnya

3 July 2024 - 19:36 WIB

Kemenlu Palestina Sebut Israel Targetkan Komunitas Kristen di Yerusalem

30 June 2024 - 19:32 WIB

38 Bintara Polri di Polresta Banda Aceh Naik Pangkat Setingkat

30 June 2024 - 11:25 WIB

DPMPP-KB Aceh Utara Gelar Dapur Sehat Atasi Stunting

27 June 2024 - 12:21 WIB

Trending di Uncategorized