Ilustrasi

SIMEULUE (RA) – Gempa Bumi Teknonik, yang melanda Kabupaten Pidie Jaya, 6,5 SR, sekira pukul 05. 03.36 WIB juga dirasakan hingga ke pulau Simeulue, Rabu (7/12).

Pihak BPBD Simeulue, meminta kepada seluruh warga pulau Simeulue untuk tetap waspada, meskipun tidak ada dampaknya, hal itu dijelaskan Kepala BPBD setempat, Ikhsan Mikaris.

“Meskipun sempat dirasakan, dan tidak ada dampaknya terhadap Simeulue, namun kita minta seluruh warga, tetap waspada dengan gempa susulan dan aktivitas berjalan normal,” katanya.

Ekses gempa teknonik yang memporakporankan Kabupaten Pidie Jaya, dikhawatirkan bisa merembes ke pulau Simeulue, pihak RSUD setempat juga diminta siap untuk antisipasi bila terjadi gempa bumi susulan.

“Untuk RSUD kita telah tingkatkan status menjadi siaga, dan seluruh dokter, dan stok obat-obatan tidak boleh lengah, kita takutnya nanti ada gempa susulan,” kata Dirut RSUD Simeulue, dr Irwansyah, kepada Rakyat Aceh, Rabu (7/12).

Salah satu warga di Simeulue, mengaku ikut merasakan guncangan gempa bumi saat sedang hendak shalat subuh, kemudian membangunkan seluruh keluarganya untuk persiapan menghadapi gempa bumi susulan.

“Tadi pagi subuh, saya rasakan gempa bumi itu, saya kira hanya di Simeulue, ternyata berasal dari Pidie Jaya,” kata Suryani, ibu rumah tangga, kepada Rakyat Aceh. (ahi/rif)