Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

Uncategorized · 7 Dec 2016 13:50 WIB ·

Gempa Aceh, Kemensos Gelontorkan Bantuan Logistik Rp2 Miliar


 PASCA GEMPA: Santri Pesantren MUDI membersihkan puing-puing kubah Masjid Raya MUDI, Samalanga, Bireun, Rabu (7/12).  IDRIS BENDUNG/RAKYAT ACEH Perbesar

PASCA GEMPA: Santri Pesantren MUDI membersihkan puing-puing kubah Masjid Raya MUDI, Samalanga, Bireun, Rabu (7/12). IDRIS BENDUNG/RAKYAT ACEH

JAYAPURA (RA) – Pemerintah melalui Kementerian Sosial telah menyiapkan berbagai bantuan logistik bagi warga Aceh yang menjadi korban gempa. Total nilai bantuan yang akan disalurkan senilai Rp2.096.880.256.

“Berbagai bantuan untuk penanganan di masa darurat sudah disiapkan dan sedang dikirim ke lokasi bencana gempa bumi di Pidie Jaya, Aceh dari Gudang Pusat dan Regional Kemensos Sumatera. Insyallah bantuan sampe lusa, Jum’at 9 Desember,” ungkap Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, Rabu di Jayapura (7/12).

Bantuan logistik yang dikirim antara lain, tenda keluarga, tenda gulung, matras, selimut, _family kit_ , _food ware_ , _kids ware_ , baju, mi instan, makanan kaleng, dan berbagai jenis sembako. Kementerian Sosial telah membuka dapur umum lapangan sebagai bagian dari aksi tanggap darurat. Tiap satu dumlap, mampu menyajikan hingga 1000 porsi makanan bagi para pengungsi.

“Sesaat setelah gempa, puluhan Taruna Siaga Bencana setempat langsung menyisir dan mengevakuasi korban meninggal dan luka akibat gempa,” tuturnya.

Diungkapkan, Kementerian Sosial terus mengikuti perkembangan dari penanganan korban gempa. Termasuk memantau jumlah korban meninggal dan luka akibat gempa yang mengguncang Aceh, Rabu pagi tersebut. Bantuan tunai pun telah disiapkan. Masing-masing Rp15 juta untuk korban meninggal dan maksimal Rp5 juta untuk korban luka-luka.

Khofifah menambahkan bantuan kepada korban gempa disalurkan melalui Dinas Sosial (Dinsos) Aceh di masa darurat. Pihaknya juga terus melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulang Bencana Daerah (BPPD) setempat agar dalam pelaksanaannya di lapangan terkoordinasi dengan baik.

Seperti diketahui, Gempa berkekuatan 6,4 pada skala Richter (SR) mengguncang wilayah Pidie Jaya pada pagi ini, Rabu (7/12). Gempa yang terjadi subuh sekira pukul 05.03 WIB tersebut telah menyebabkan kerusakan parah di Kabupaten Pidie Jaya, DI Aceh. (ril/mag-69)

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Empat Putra Terbaik Pidie Mendaftar ke GERINDRA Menjadi Cagub Aceh, Muhammad Nazar Tampil Cermelang dalam Presentasi Visi-Misi

13 June 2024 - 20:06 WIB

Pj Ketua PKK Aceh Belanja Sajian Dapur di Pasar Tani

13 June 2024 - 19:17 WIB

Peringati Milad ke 55, IAIN Lhokseumawe Gelar Rangkaian Kegiatan

12 June 2024 - 10:26 WIB

Pj Bupati Iswanto Dampingi Pj Gubernur Aceh Tinjau Venue PON Paralayang di Sibreh

7 June 2024 - 20:07 WIB

Warga Krueng Raya Nikmati Pasar Khusus Jelang Idul Adha, 400 Kupon Laris Manis

6 June 2024 - 19:22 WIB

29 May 2024 - 20:10 WIB

Trending di Uncategorized