Gempa Susulan Sudah Lebih 20 Kali Terjadi

PASCA GEMPA: Santri Pesantren MUDI membersihkan puing-puing kubah Masjid Raya MUDI, Samalanga, Bireun, Rabu (7/12). IDRIS BENDUNG/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Pasca gempa yang terjadi subuh tadi, hingga dengan saat ini gempa susulan masih terus terjadi di Aceh. Sampai berita ini diturunkan, gempa sudah mencapai 20 kali lebih.

Hasil analisis BMKG Aceh menunjukkan bahwa, gempa bumi dengan kekuatan tersebut dipicu karena aktivitas sesar aktif. “Gempa yang megguncang berjenis Gempa tektonik,” sebut koordinator analisa data BMKG Mata Ie, Aceh Besar, Rilza Nur Akbar, Rabu (7/12).

“Gempa susulan yang kita hitung hanya berkekuatan 5 SR, kalau yang terkecil banyak, ini yang jadi kendala karena yang terkecil terus terjadi, garisnya rapat, jadi analisa kita fokuskan pada yang besar dulu,” ujarnya.

Selanjutnya disebutkannya, dari hasil analisis peta, tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI). (ibi/rif)