15 Rumah di Bener Meriah Rusak

MASJID ROBOH: Santri Pesantren MUDI Samalanga, membersihkan puing-puing kubah Masjid Raya MUDI yang roboh pasca gempa 6,5 SR, Bireun, Rabu (7/12). RAHMAT HIDAYAT/RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Sedikitnya ada 15 rumah warga Bener Meriah yang rusak ringan akibat gempa di Pidie Jaya, kerusakan itu berupa keretakan pada bagian atap dan dinding.

Hal tersebut diungkapkan Anwar Sahdi, Kabit Cepat Tanggap Darurat Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bener Meriah, Rabu (7/12).
Disebutkanya, laporan awal ada 60 rumah yang terkena dampak gempa. Namun setelah dilakukan pengecekan, “kerusakan tersebut merupakan imbas dari gempa pada bulan juli 2013 lalu. Sehingga ketika ada getaran retaknya bertambah besar,” sebutnya.

Menurut Anwar, 15 rumah yang rusak tersebut berada di Kecamatan Gajah Putih, kerusakan yang terjadi tidak terlalu parah dan masih bisa ditempati. Hal itu membuat tim BPBD reaksi Cepat Bener Meriah, mengirimkan relawan ke Pidie Jaya sebanyak 25 orang untuk membantu evakuasi korban.

SDN Alam Jaya Rusak

Tiga ruangan Sekolah SDN Alam Jaya, Kampung Timang Gajah, Kecamatan Gajah Putih, rusak parah pada bagian atap dan dinding. Akibatnya, dua ruang kelas belajar dan ruang perpustakaan tidak dapat difungsikan.

Sekretaris Dinas Pendidikan, Hazairin mengatakan, sudah melaporkan kejadian tersebut pada pemerintah daerah. “Hingga saat ini proses belajar mengajar tetap berlanjut dengan memanfaatkan bangun yang ada,” ungkapnya.

Ia menjelaskan bangunan tersebut tidak dapat ditempati akibat plafon masih bergantungan. Pihaknya berencana mendirikan tenda darurat BPBD untuk proses belajar mengajar selanjutnya.

“Setelah kita cek ke lapangan, tiga ruangan yang rusak tersebut dikategorikan rusak sedang,” sebutnya.

Bagunan yang rusak tersebut itu merupakan bangunan yang baru dibangun pada tahun 2014, pada tahun 2013 lalu sekolah SDN Alam Jaya juga terkena dampak gempa namun sudah di bangun kembali.

Hazairin berharap bangunan tersebut dapat segera diperbaiki agar proses belajar-mengejar kembali normal. (mag-70/mai)