PLN Aceh: Pasokan Listrik Pidie Jaya Sudah 100 persen

PASCA GEMPA: Santri Pesantren MUDI membersihkan puing-puing kubah Masjid Raya MUDI, Samalanga, Bireun, Rabu (7/12). IDRIS BENDUNG/RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – General Manager PT PLN Wilayah Aceh Bob Saril menyampaikan, pasokan listrik utama ke semua kecamatan di Pidie Jaya sudah selesai 100 persen per Jam 23.00, Kamis (8/12).

“Kami terus mengupayakan untuk menyelesaikan percabangan yang mensuplai ke desa dan dusun tadi malam dan hari ini,” ujar Bob Saril.

Diharapkan hari ini kami dapat menyelesaikan seluruh pasokan listrik yang selanjutnya mode operasi akan berubah dari tanggap darurat menjadi status penguatan dan pemulihan untuk masyarakat yang terdampak.

Sekadar informasi data terakhir dari Pusdalops BNPB, korban jiwa meninggal dunia akibat reruntuhan di Kabupaten Pidie Jaya sebanyak 99 orang, Kabupaten Bireun dua orang dan Kabupaten Pidie satu orang meninggal.

Kemudian lokasi yang mengalami kerusakan materil cukup parah berada di Kabupaten Pidie Jaya, yaitu 105 unit ruko roboh, beberapa tiang listrik roboh, beberapa ruas jalan rusak (retak), 86 unit rumah rusak berat, 13 unit bagunan masjid roboh, satu unit gedung STAI Al-Azziziyah roboh, satu unit bangunan toserba roboh, dan satu unit bagunan RSUD Pidie rusak berat.

Sedangkan di Kabupaten Bireun kerusakan yang terjadi yaitu, dua unit rumah roboh dan satu unit masjid ropoh, satu init bangunan STAI Al-Azziziyah roboh dan 35 unit rumah rusak berat.

Lokasi gempa berada di 18 km Timur Laut Kabupaten Pidie Jaya, 34 km Barat Laut Kabupaten Bireun, 48 km Timur Laut Kabupaten Pidie, 121 km Tenggara Banda Aceh dan 1716 km Barat Laut Jakarta.

Kedalaman gempa 10 km, lokasi gempa berada pada 5,19 LU – 93,36 BT, dan gempa itu tidak berpotensi tsunami. (slm/rif)