Hibur Korban Gempa, Begini Peran Haji Uma …

Haji Uma menghibur korban gempa di Pidie Jaya

MEUREUDU (RA) – Anggota DPD RI asal Aceh, H. Sudirman yang lebih dikenal Haji Uma kembali datang mengunjungi masyarakat korban gempa di lokasi pengungsian yang berada di Puskesmas Kecamatan Luengputu, Kabupaten Pidie Jaya, Ahad (11/12).

Dalam kunjungan ini, Haji Uma ditemani dua artis lawak Aceh yaitu Nasrul Dukon dan Apa Lahu yang ikut bermain dalam Film Komedi Eumpang Breuh “Ka Meubreuh Lom”. Disamping itu, juga ikut serta Tim Relawan Fisikologis dari Universitas Sumatera Utara (USU) dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) pusat.

Menurut Haji Uma, dirinya menyempatkan diri untuk kembali mengunjungi para korban musibah gempa sebelum kemudian harus berangkat ke Jakarta karena ada tuntutan tugas sebagai dalam kapasitasnya sebagai anggota DPD RI asal Provinsi Aceh.

Haji Uma menuturkan bahwa agenda utama dari kunjungannya kali ini bersama rekan komedian Aceh dan tim relawan adalah adalah untuk menghibur masyarakat korban sebagai salah satu bentuk tindakan trauma healing paska musibah gempa.

Tidak dapat dipungkiri, musibah gempa ini melahirkan ekses trauma fisikologis bagi masyarakat korban dilokasi bencana. Ekses ini membutuhkan tindakan intervensi guna upaya pemulihan kondisi fisikologis korban paska bencana.

Kehadiran tim relawan dari USU dan PMI adalah langkah awal dan selanjutnya mereka yang akan meneruskan kegiatan trauma healing kepada korban dilapangan.

Haji Uma bersama Apa Lahu dan Nasrol menampilkan skenario cerita komedi tentang anak yang terus beduka dan kehilangan semangat untuk belajar karena kehilangan orang tua akibat gempa.

Dalam cerita yang penuh muatan motivasi dan semangat dan tingkah lucu ini, Haji Uma berperan sebagai penyemangat yang membantu memberikan semangat dan motivasi kepada Nasrol yang berperan sebagai korban untuk kembali menatap harapan masa depan paska bencana.

Para korban gempa terutama anak-anak yang mengerubungi dan menyaksikan pertunjukan ini terlihat sangat senang dan ceria penuh tawa. “Saya sangat senang dan merasa bahagia dapat melihat anak-anak korban gempa tertawa ceria,” kata Haji Uma.

Dalam kesempatan ini, juga diserahkan sumbangan bantuan untuk pembelian tenda bagi 5 titik lokasi pengungsian yang diserahkan melalui Koordinator Kesehatan Posko Pengungsi Puskesmas Luengputu, Mulyadi, SKm. M.Kes.

Penyerahan bantuan yang turut disaksikan tim dari unsur tim BPBD Kabupaten Pidie Jaya ini dikarenakan adanya kebutuhan tambahan tenda di lokasi pengungsian. (slm)