Jalan Lintas Kuta Baharu Amblas

SINGKIL (RA) – Jalan lintas Kecamatan Kuta Baharu – Singkohor Kabupaten Aceh Singkil amblas sepanjang 50 meter. Amblasnya jalan penghubung dua Kecamatan tepatnya di Desa Sumber Mukti dikhawatirkan pengendara, karena kedalamannya mencapai satu meter.

“Dulu memang sedikit amblas. Tapi sekarang tambah panjang dan lebar hampir sudah setengah jalan yang amblas dan ini mengkhawatirkan apalagi ini di pinggiran jurang,” kata Khairi warga Desa Danau Bungara Kecamatan Kuta Baharu, Senin (12/12).
Khairi menjelaskan, amblasnya jalan tersebut akibat tingginya curah hujan melanda daerah tersebut sehingga tanah di pinggir jalan sebelah kanan menuju Kuta Baharu itu amblas sampai mengenai aspal.

Untuk menghindari lubang amblas tersebut, warga memasang beberapa palepah kelapa sawit. Hingga kini, kata Khairi upaya perbaikan dari pemerintah belum ada sehingga dikwatirkan jika tidak diperbaiki akan bertambah parah hingga memutus jalan aspal.

Darman warga Desa Danau Bungara yang juga melintas dijalan itu mengatakan jika pemerintah tidak segera memperbaiki jalan itu akan berpotensi memakan korban terlebih dimalam hari karena kawasan jalan itu tidak ada lampu jalan.
“Yang lebih ditakutkan pada malam hari karena gelap. Pengendara kalau melewati jalan itu jangan kencang-kencang karena lubang jalan rusak itu sangat panjang ” kata Darman.

Tak hanya jalan amblas, jembatan Singkohor sebelumnya juga tergerus banjir bandang juga digenangi air. Sehingga pengendara ingin menuju Kecamatan Singkohor tidak bisa lewat karena ketinggian air terlalu tinggi.
“Kemarin saya dari Singkohor mau ke Kuta Baharu ternyata jembatan Singkohor tak bisa lewat karena air terlalu tinggi. Banyak kendaraan terpaksa putar haluan karena tidak bisa lewat terpaksa saya putar haluan lewat Gunung Meriah ” Saimi warga Kuta Baharu (lim/min)