ist

Harianrakyataceh.com – Indonesia secara gemilang berhasil mengalahkan Thailand dengan skor 2-1 pada leg pertama final Piala AFF 2016, Rabu (14/12) malam WIB.

Hebatnya, Indonesia melakukannya setelah tertinggal 0-1 di babak pertama. Gol Teerasil Dangda pada menit ke-33 menjadi tak berarti lantaran Indonesia mampu mencetak dua gol di babak kedua dalam tempo 5 menit lewat Rizky Pora menit 65 dan Hansamu Yama Pranata menit 70.

Indonesia bisa dibilang sukses membalas dendam atas kekalahan 2-4 di fase grup.

Berikut fakta-fakta menarik terkait kemenangan Indonesia atas Thailand di Stadion Pakansari. (epr/JPG)

1. Dalam Dua Laga Kandang Terakhir Jamu Thailand Selalu Menang

Indonesia berhasil meneruskan tren menang saat menjamu Thailand di kandang sendiri. Sebelumnya Skuad Garuda juga menang 2-1 atas Thailand di fase grup Piala AFF 2010. Pertandingan itu sendiri digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (7/12/2010).

Menariknya dalam laga itu, Indonesia juga tertinggal lebih dahulu. Thailand memimpin pada menit ke-69 lewat Suree Sukha. Indonesia berbalik unggul 2-1 lewat dua gol penalti Bambang Pamungkas menit 82 dan 90. Kini, Indonesia juga tertinggal lebih dahulu dan berbalik unggul 2-1.

2. Comeback Seperti di Fase Grup

Laga menjamu Thailand seperti pertemuan di fase grup. Seperti diketahui, Indonesia juga melakoni comeback meski akhirnya harus kalah. Kali ini, Indonesia mampu mempertahankan keunggulan dan meraih kemenangan.

Di fase grup yang dihelat di Philippine Sports Stadium, Thailand memimpin 2-0 di babak pertama menit 4 dan 36. Di babak kedua, Indonesia sempat bisa menyamakan kedudukan lewat Boaz Solossa dan Lerby Eliandry. Namun, Thailand mampu bangkit dengan mencetak dua gol tambahan sehingga menang 4-2.

3. Deja vu Saat Kontra Singapura

Bisa dibilang Indonesia mengalami deja vu dalam pertandingan kali ini. Situasinya mirip dengan saat mengalahkan Singapura di laga terakhir fase grup yang memastikan Indonesia bisa melaju ke semifinal.

Saat melawan Singapura, Indonesia tertinggal lebih dahulu pada menit ke-27. Di babak kedua, Indonesia berbalik unggul dan menang dengan skor 2-1 setelah Andik Vermansah dan Stefano Lilipaly mencetak gol pada menit 62 serta 85.

4. Teerasil Dangda Jadi Momok Gawang Indonesia

Penyerang sekaligus kapten timnas Thailand, Teerasil Dangda, bisa dibilang momok bagi gawang Indonesia. Bagaimana tidak, dia kembali membobol gawang Merah Putih dan torehannya menjadi 5 gol.

Teerasil pertama kali menjebol gawang Indonesia di semifinal leg pertama Piala AFF 2008 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Kala itu Thailand menang 1-0 lewat gol Teerasil pada menit 6. Kemudian dia mencetak hat-trick saat menang 4-2 di fase grup Piala AFF 2016. Satu gol lagi di leg pertama final Piala AFF 2016.

5. Tiga dari Empat Gol Indonesia ke Gawang Thailand di Piala AFF 2016 dari Sundulan

Indonesia sudah menemukan cara untuk menodai gawang Thailand yakni gol sundulan. Maklum saja, dari 4 gol yang dilesakkan ke gawang Thailand di Piala AFF 2016 (dua gol di fase grup, dua gol di final leg pertama), 3 di antaranya lewat sundulan.

Pada laga fase grup, gol Boaz Solossa dan Lerby Eliandry berasal dari sundulan. Dan di final leg pertama, gol Hansamu Yama juga berasal dari sundulan.