Camat: Jauhi Semburan Lumpur

Lokasi semburan gas berlumpur dari sumur bor sedalam 42 meter di halaman Kantor KB Kecamatan Tripa Makmur, Nagan Raya, Selasa (13/12). IBRAHIM ISTRA/ RAKYAT ACEH

SUKA MAKMUE (RA) – Camat Kecamatan Tripa Makmur, Nagan Raya, Nasruddin mengimbau masyarakat untuk menjauhi lokasi semburan gas berlumpur di halaman Kantor KB (Keluarga Berencana), di Gampong Kabu, kecamatan setempat, karena dikhawatirkan beracun dan bisa membahayakan warga.

Himabuan itu disampaikan camat untuk menghindari jatuhnya korban, apalagi saat ini sudah ada rumah warga yang rusak akibat semburan gas bercampur lumpur yang muncul akibat penggalian sumur bor beberapa hari lalu.
“Kita minta masyarakat untuk tidak mendekati areal sumur bor yang menyemburkan gas berlumpur itu. Karena tidak tertutup kemungkinan akan beracun dan bisa membahayakan masyarakat,” kata Nasruddin di lokasi semburan, Selasa (13/12).

Dikatakanya, sumur bor milik Kantor KB Kecamatan Tripa Makmur dengan kedalaman 42 meter dari target 45 meter tersebut, saat ini sudah dihentikan pekerjaannya, sambil menunggu kedatangan tim dari Distamben Aceh.

Sementara satu unit rumah milik Muhammad Nur yang rusak akibat peristiwa itu sudah dilaporkan ke instansi terkait di tingkat kabupaten, agar mendapat bantuan yang bisa diberikan untuk korban yang sudah tiga hari ini mengungsi.
“Warga yang rumahnya rusak, sampai hari ini (kamarin) belum bisa pulang ke rumah, sedangkan bantuan, kita masih menunggu dari dinas terkait untuk disalurkan kepada korban,” kata Nasruddin. (ibr/ara)