Menu

Mode Gelap
Korban Erupsi Gunung Marapi Ditemukan 1,5 Km dari Kawah Cak Imin Resmikan Posko Pemenangan Musannif bin Sanusi (MBS) Perangkat Desa Sekitar Tambang Tantang Asisten Pemerintahan dan Dewan Lihat Objektif Rekrutmen Pekerja PT AMM Golkar Aceh Peringati Maulid Nabi dan Gelar TOT bagi Saksi Pemilu Ratusan Masyarakat Gurah Peukan Bada Juga Rasakan Manfaat Pasar Murah

DAERAH · 16 Dec 2016 05:37 WIB ·

Buaya Incar Penyelam Lokan


 Buaya Incar Penyelam Lokan Perbesar

SINGKIL (RA) – Sejumlah warga Desa Gosong Telaga Kecamatan Singkil Utara hingga kini belum berani turun ke sungai mencari nafkah dengan menyelam lokan. Pasalnya, beberapa hari terakhir warga melihat buaya di sekitaran sungai tersebut.

Nasril (45) warga setempat kepada wartawan, Kamis (15/12) mengatakan, mengaku melihat predator sungai itu melintas di kawasan sungai besar Gosong Telaga. Saat itu, Nasril mengaku melihat buaya dengan jarak 50 meter dari tempat parkiran perahu nelayan. Rutinitas warga menyelam lokan disekitaran sungai tersebut tidak lagi berani turun ke sungai setelah mendapat kabar bahwa buaya telah menghuni sungai tempat mereka mencari mata pencarian itu.

“Saya melihat buaya pada waktu itu belum sampai seminggu. Sebelumnya di sungai ini tidak ada buaya, yang ada di sungai Desa Suka Makmur dan Siti Ambia Kecamatan Singkil yang sempat memakan korban “ kata Nasril.

Masih menurut keterangan Nasril, ia melihat buaya pada saat itu berjemur dipasir pinggir sungai. Namun kata Nasril, sepertinya buaya tersebut tidak mengganggu karena saat Nasril melemparkan jala nya ke sungai buaya tersebut tetap terdiam dan berjemur “Meski tak mengganggu, warga tak berani turun ke sungai mencari lokan karena takut menjadi korban seperti warga Kecamatan Singkil beberapa bulan yang lalu ‘ tambah Nasril.

Pasca banjir melanda beberapa Desa di Kabupaten Aceh Singkil terlebih terparah di Kecamatan Singkil, buaya sering memperlihatkan dirinya baik disungai maupun di jalan yang sudah digenangi banjir.

Akibatnya, beberapa Desa yang berada di pinggir aliran sungai harus serba hati-hati saat keluar rumah terlebih pada malam hari. Sebab, setelah buaya memangsa warga saat menyelam lokan beberapa bulan lalu, warga terus melakukan pemburuan dan sebagian menangkap buaya sehingga kini terkesan buaya dan manusia di daerah Kecamatan Singkil saling mengintai.

Dengan kemunculan buaya itu, warga berharap kepada pihak Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh untuk segera turun dan mengambil tindakan agar masyarakat kembali melakukan aktivitas biasanya. Sebab, dengan kemunculan buaya tersebut membuat keresahan warga dan tidak berani turun ke sungai.

“Buaya sudah mengintai manusia sejak beberapa predator lainnya ditangkap. Sudah seperti permusuhan antara buaya dan manusia,“ kata Arif warga di sana. (lim/min)

Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Comments are closed.

Baca Lainnya

Ratusan masyarakat Aceh Barat deklarasi dukung Bustami maju di Pilkada 2024

20 July 2024 - 21:25 WIB

Danrem Lilawangsa Intruksikan Kodim Aceh Utara Bangun Dapur Umum 

20 July 2024 - 20:30 WIB

Kodim 0103/Aceh Utara Peringati 1 Muharram 1446 H Dengan Menggelar Doa Bersama.

20 July 2024 - 16:39 WIB

Aceh Utara Berduka, 226 unit Rumah dan Kedai Rusak

19 July 2024 - 11:35 WIB

Puting Beliung Rusak 53 Rumah Warga Nibong dan Langkahan Aceh Utara

19 July 2024 - 09:59 WIB

Kodim 0102/Pidie Gelar Doa Bersama Peringati Tahun Baru Islam 1446 H

18 July 2024 - 14:06 WIB

Trending di DAERAH