Pegawai di Bireuen Peringati Hari Bela Negara

BIREUEN (RA) – Para kepala dinas, badan, kantor dan ratusan pegawai dari sejumlah dinas dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, mengikuti upacara memperingati hari bela negara ke 68. Acara, dipimpin Plt Bupati Ir Mukhtar Abda,M.Si, pagi di lapangan upacara kantor pusat Pemeritah Kabupaten di Cot Gapu, Senin (19/12).

Pantauan Rakyat Aceh, upacara hari bela negara juga diikuti para pejabat dari unsur Forkopimda, dipimpin komandan upacara Murhadi dari tim bela negara Bireuen dan dirangkai pembacaan ikrar oleh Fakrurrazi dari KNPI berjalan khidmat, tertib dan lancar.
Mukhtar Abda dalam upacara itu sebagian besar membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, diantaranya disampaikan. Peringatan hari bela negara serentak digelar diseluruh Indonesia.

Presiden RI mengajak pada momentum hari bela negara tahun ini, seluruh rakyat Indonesia untuk belajar dari sejarah perjuangan bangsa untuk menatap masa depan. Saat ini tantangan ancaman terhadap bangsa tidak bersifat konvensional atau fisik semata, akan tetapi sudah berkembang baik fisik maupun non fisik.

Ancaman berkembang menjadi bersifat multidimensi karena ancaman dapat bersumber dari ideologi, politik, ekonomi dan sosial budaya sehingga bela negara dalam kontek kekinian memiliki cakupan yang luas, ungkap Presiden Joko Widodo sebagaimana dikatakan Plt Bupati Bireuen Ir Mukhtar Abda,MSi.

Presiden juga mengajak seluruh warga negara untuk membangun keinsyafan bersama, bahwa keberlangsungan hidup kita sebagai bangsa adalah, penjumlahan dari seluruh kekuatan rakyat. Dengan kekuatan rakyat semesta bangsa ini, akan mampu menghadapi segala jenis ancaman dan tantangan. Itulah esensi dari sejarah bisa membuat republik ini bisa berdiri tegak.

Juga mengingatkan kita semua bahwa tugas sejarah kita adalah membela negara ini dari kemiskinan, keterbelakangan, kebodohan dan ketergantungan. Tugas bela negara adalah tugas maha berat yang ada di depan mata kita saat ini. Tapi dengan semangat persatuan, kerja keras dan perjuangan kita bersama tugas sejarah itu bisa kita pikul bersama, ungkap Plt Bupati Bireuen. (rah/min)