Pejabat Baru Harus Sesuai Kemampuan

RAKERDA: Sosialisasi dan evaluasi pelaksanaan kinerja hasil Rakernas pada rapat kerja daerah Kejaksaan Tinggi Aceh tahun 2016 di Banda Aceh, Senin (19/12). FOR RAKYAT ACEH

BANDA ACEH (RA) – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Soedarmo, mengatakan, pejabat yang akan menduduki Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) Pemerintah Aceh yang baru haruslah orang-orang yang tepat dan sesuai kemampuannya.

“Kita harus menempatkan sesuatu pada orang yang tepat pada jabatannya,” kata Soedarmo, Senin (19/12).
I

a menjelaskan, meskipun saat ini Qanun dan SOTK Pemerintah Aceh yang baru sudah ada, namun masih perlu dilakukan pembahasan lebih lanjut agar lebih matang. Saat ini tengah dilakukan penetapan atau pengisian pejabat SOTK Pemerintah Aceh dan sudah dalam proses.

Salah satu kriteria menurut Soedarmo, pejabat dalam sebuah jabatan akan melihat beberapa kriteria termasuk integritasnya.

“Pertama kita melihat trek recordnya. Kedua, integritasnya, kinerjanya, profesionalismenya dan kriteria yang lainnya. Artinya prinsip the right man on the right place. Saya berdasarkan itu,” tegasnya.

Pada proses pengisian pejabat SOTK, lanjut Soedarmo, ia sudah mulai mendengar dan “mengendus” isu tak sedap akan penempatan posisi baru di Pemerintahan Aceh yang membawa dirinya.

“Ada yang menyampaikan bahwa, si A akan memberikan kontribusi kepada Plt sekian dan sekian. Ini enggak jelas,” ungkapnya.

Semua pejabat SKPA yang kini masih menjabat tidak perlu takut dan risau akan penempatan posisi yang akan diisi nantinya.

“Seluruh SKPA yang sekarang masih menjabat tidak perlu takut. Kalau ia bekerja dengan baik, mereka betul-betul bertanggung jawab dengan tugasnya, mereka akan kita pasang atau kita kasih jabatan yang tepat,” sebutnya. (mag-68/mai)