Wanita Ini Disiapkan untuk Pengantin Bom Bunuh Diri di Bali

PHILADELPHIA, PA - MARCH 3: A replica of a suicide bombers vest is displayed at the "Spies, Traitors & Saboteurs: Fear & Freedom In America" exhibition being held at the National Constitution Center on March 3, 2011 in Philadelphia, Pennsylvania. (Photo Jeff Fusco/Getty Images)

Harianrakyataceh.com – Detasemen Khusus 88 Antiteror Polri menangkap Ika Puspitasari, warga Dusun Tegalsari Desa Brenggong, Kabupaten Purworejo. Dari hasil pengembangan penyidikan, Ika disipakan sebagai “pengantin” bom bunuh diri di luar Pulau Jawa.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri, Kombes Martinus Sitompul mengatakan bahwa peledakan itu rencananya akan dilakukan di Pulau Bali.

“Yang di Bali merupakan hasil monitoring yang dilakukan teman Densus 88 Anti Teror dan pengamanan di Bali hampir sama dengan pengamanan di sini dan seluruh wilayah,” kata Martinus di Mabes Polri, Kamis (22/12).

Menyiasati hal itu, untuk pengamanan lanjut Martinus tidak hanya di Pulau Bali, tapi juga hampir di seluruh wilayah di Indonesia memang ditingkatkan pada akhir tahun ini. Hal ini tentunya juga mengingat adanya momen Natal dan Tahun Baru 2017.

“Jadi pengamanan di Bali sama saja dengan daerah lain, tidak ada perbedaan. Hanya saja ini posisi dalam momen akhir tahun Natal dan Tahun Baru di mana aktifitas masyarakat dipenuhi dengan keramaian di satu tempat, dan ini menjadi kalender ketertiban dan keamanan yang menjadi perhatian bagi Polri,” katanya.

Ika Puspitasari diketahui menjadi bagian dari kelompok teror bom panci yang ditemukan di Bintara Jaya, Bekasi. Tidak hanya Ika, ada Diyan Yulia Novi yang disiapkan sebagai calon “pengantin” eksekutor bom yang akan diledakkan di Istana Negara saat pergantian petugas jaga Paspampres. Namun aksi itu belum jadi terlaksana karena mampu diungkap Densus 88. (elf/JPG)