Drainase Bandara Rembele Amblas

LONGSOR: Saluran air Bandara Rembele lonsor akibat kikisan, Senin (26/12). MASHURI.RAKYAT ACEH

REDELONG (RA) – Tinggginya curah hujan dalam beberapa hari ini, mengakibatkan pembuangan air Bandara Rembele, Bener Meriahm, longsor dikikis air. Rekanan PT Persero Media Karya harus kembali melakukan perbaikan sementara hingga cuaca normal, Selasa(27/12).

“Saat ini, bagunan tersebut masih dalam tahap pemeliharaan dan pihak rekanan sudah memperbaiki kembali saluran pembuangan air yang amblas. Namun untuk sementara waktu, kita haya memperbaiki tidak membangun permanen sebelum cuaca membaik,” kata Yan Budianto, Kepala Bandara Udara Rembele Bener Meriah saat dikonfirmasi Rakyat Aceh.

Disebutkannya, longsor terjadi setelah hujan deras Minggu (25/12) dan longsor juga mengakibatkan pagar sepanjang Tiga menter rusak. Lebih lanjut ia menyampaikan masa pemeliharan bangunan tersebut masih berakhir Februari 2017 mendatang.

Ia menambakan, jaminan pemeliharan rekanan masih tersisa 10 persen dari pagu yang ada dan sisa uang tersebut juga akan dibayarkan pada tahun 2017. Sementara itu, bangunan tersebut menggunakan anggran APBN pada tahun anggraan 2015.

Menurutnya, kemungkinan longsor terjadi karena tanah daerah tersebut berpasir dan jika tidak segera diperbaiki akan mengakibatkan kerusakan cukup parah. Sementara itu berdasarkan pantauan Rakayat Aceh hujan deras juga mengakibatkan kerusakan pada jalan Provisi lintas Bale Atu Kandepag yang baru dibangun. (mag-70/min)